Selain Raffi Ahmad, Raisa dan Para Artis Ini Juga Berinvestasi Saham Lho!

Raisa - Image: Instagram Raisa Andriana

Raisa - Image: Instagram Raisa Andriana

Like

Public figure tentunya enggak bisa lepas dari sorotan masyarakat. Keberadaan public figure pun bisa memberikan pengaruh, terutama buat para pengikut atau fans-nya nih, Be-emers.

Fenomena baru pun muncul. Belakangan, banyak selebriti yang merekomendasi saham jagoannya di media sosial.

Yang sempat heboh nih, ada Raffi Ahmad dan Ari Lasso yang sama-sama merekomendasikan saham MCAS di akun Instagram pribadi mereka. Padahal, seperti Raffi misalnya, mengaku baru memulai berinvestasi saham.

Tren rekomendasi saham dari selebriti tersebut bahkan sampai membuat pihak Bursa Efek Indonesia (BEI) angkat bicara lho, Be-emers. Soalnya, untuk merekomendasikan suatu saham enggak bisa sembarangan, karena hal itu juga diatur dalam UU Pasar Modal.

Di sisi lain, sebenarnya enggak cuma Raffi dan Ari Lasso saja lho yang berinvestasi saham. Jauh sebelum keduanya viral, dikutip dari Bisnis, sejumlah selebriti ini juga diketahui berinvestasi saham.


Baca Juga: Tren Investasi Saham di Kalangan Seleb, Kini Giliran Raffi Ahmad Nih!


Raisa Andriana
Diketahui pada penutupan perdagangan Bursa Efek Indonesia 2017, penyanyi kelahiran 1990 ini sempat mengaku memiliki portofolio saham. Penyanyi yang juga akrab disapa Yaya ini awalnya mengandalkan Mandiri Sekuritas untuk membeli saham tiga emiten.

Pada mulanya, pelantun lagu Usai di Sini tersebut cuma membeli saham sesuai rekomendasi. Namun akhirnya dia berani memutuskan secara mandiri saham emiten yang hendak dibeli.

 

Raisa - Image: Instagram Raisa Andriana

Raisa - Image: Instagram Raisa Andriana



Piyu Padi
Gitaris band Padi ini diketahui tidak hanya menabung saham buat jangka panjang tapi juga melakukan trading alias jual beli saham. Hal ini bermula saat krisis mortgage yang disebabkan kejatuhan Lehman Brothers di Amerika Serikat pada 2008 lalu.

Saat itu, banyak harga saham yang tergerus. Sehingga, hal itu menjadi peluang bagi Piyu untuk aktif sebagai trader.

Kesuksesan Piyu dalam berinvestasi bukan sekadar keberuntungan atau modal nyali. Ia memang telah mempelajari dunia investasi sejak 2005.

Mulai dari investasi forex hingga reksa dana, sejumlah kerugian pun pernah ia alami dan menjadi pengalaman sekaligus pelajaran berharga untuknya saat ini.


Dwi Sasono
Dwi Sasono mengaku sudah lebih dari lima tahun mempelajari dan menggeluti bisnis saham. Pemeran di sitkom Tetangga Masa Gitu tersebut diketahui meminta bantuan financial consultant dalam pengambilan keputusan berinvestasi untuk mengurangi risiko kerugian.

Pada tahun lalu, suami dari penyanyi Widi Mulia itu tercatat memilii saham FILM, kode perusahaan PT MD Pictures Tbk yang baru resmi tercatat sebagai emiten. 

Pertama kali terjun di dunia investasi, Dwi telah mencoba pelbagai jenis instrumen. Mulanya, ia membeli reksadana dan juga mencoba investasi emas, namun kemudian ia beralih pada saham.

 

Dwi Sasono - Image : Instagram @dwisasono

Dwi Sasono - Image: Instagram @dwisasono



Giring Ganesha
Giring Ganesha adalah salah satu dari sederet artis yang gemar investasi di pasar modal. Mantan vokalis dari band Nidji ini masuk pasar modal sejak 2007 lho!

Giring punya prinsip untuk melihat kekuatan fundamental dalam memilih emiten. Enggak heran, koleksi sahamnya adalah emiten konsumer dan perbankan, seperti Gudang Garam (GGRM) dan Bank Central Asia (BBCA)


Tantowi Yahya
Tantowi Yahya bukan orang baru di dunia pasar modal. Anggota Legislatif ini juga sering mengajak artis untuk ikut serta dengannya dalam investasi saham.

Menurutnya, investasi seperti ini bisa menjadi penunjang di hari tua. Adapun, mantan Dirut TVRI itu sempat mengaku belum pernah merugi lho!

Wah, para selebriti ternayta enggak hanya terlihat glamor, tapi juga sudah memperisapkan masa depan dengan berinvestasi. Meski begitu, berinvestasi lah sesuai kebutuhan dan tujuan masing-masing ya, jangan hanya karena ikut-ikutan tanpa persiapan diri yang matang.

Baca Juga: Bukan Endorse, Begini Cara Artis Adrian Maulana Berinvestasi