Banyak yang Berpaling dari WhatsApp, Ini Perbandingannya dengan Telegram dan Signal

Like

 

Telegram - Canva

Telegram - Canva




Telegram: si “Misterius” yang Andalkan Cloud Chat

Sejak diluncurkan pertama kali, Telegram kerap menerima banyak kritikan. Meski menggunakan enkripsi seperti WhatsApp, tapi aplikasi ini enggak sepenuhnya open-source.

Yang bikin unik, Telegram menggunakan Cloud Chat, yakni metode pengiriman pesan default. Jadi, semua obrolan disimpan di server Telegram dan dicadangkan ke cadangan cloud bawaan.

Nah, positifnya, Cloud Chat emmungkinkan kamu untuk melakukan sinkronisasi antar perangkat. Selain itu, Telegram juga menawarkan fitur “Obrolan Rahasia”.

Obrolan Rahasia hanya dapat dibaca di perangkat yang mengirim pesan dan perangkat yang menerimanya.  Kamu juga bisa mengirim pesan yang secara otomatis menghilang setelah waktu yang ditentukan.


Namun, peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan bahwa seorang peretas bisa menentukan dalam hitungan detik ketika pengguna Telegram sedang online atau offline. Waduh!
 

Signal: si Paling Protektif

Menjadi aplikasi pesan singkat yang direkomendasi Elon Musk dan mantan anggota Central Intelligence Agency (CIA) Edward Snowden, Signal menggunakan Open Whisper System untuk end-to-end mengenkripsi semua percakapan secara default.

Dengan Signal, kunci enkripsi disimpan di ponsel dan komputer pengguna, bukan di server. Nah, untuk menghindari potensi risiko (meskipun sangat kecil) spoofing, kamu bakal diperingatkan jika kunci keamanan orang yang kamu ajak bicara berubah. 

Menariknya, Signal jadi aplikasi yang paling unggul soal verifikasi. Para penggunannya bisa memverifikasi profil satu sama lain dengan memverifikasi Nomor Keamanan atau memindai kode QR yang berisi rangkaian nomor unik ini dan menandai profil sebagai terverifikasi. 

Layanan tersebut dirancang untuk meminimalkan data yang disimpan tentang pengguna Signal. Selain itu, aplikasi ini juga diketahui mengumpulkan sesedikit mungkin metadata dan tidak menyimpan metadata, log, atau informasi tentang penggunanya,

Keunggulan lainnya, Signal menawarkan keamanan layar untuk memblokir tangkapan layar dalam daftar obrolan terbaru dan di dalam aplikasi yang juga memblokir aplikasi lain di ponsel kamu lho!

Bahkan, Signal punya fitur pemburaman wajah buat bantu penggunanya tetap anonim. Enggak cuma wajah, fitur tersebut juga bisa memburamkan informasi sensitif dalam gambar.

Jadi, mau pilih aplikasi pesan singkat yang mana nih, Be-emers?

Baca Juga: Ramai Kebijakan Privasi Baru WhatsApp, Popularitas Dua Platform Pesan SIngkat Ini Mulai Dilirik