Pentingnya Strategi Marketing 4.0 di Era Ekonomi Digital

Marketer perlu mematangkan strategi yang tepat sasaran (Sumber gambar: canva)

Marketer perlu mematangkan strategi yang tepat sasaran (Sumber gambar: canva)

Like

Teknologi yang semakin canggih, dan kemampuan manusia yang semakin luarbiasa membuat beberapa aspek kehidupan ini sangat terbantu dengan kehadiran alat-alat modern ya sobat muda..

Tahukah kamu, menurut Organization for Economic Coorperation and Development atau OECD, inovasi digital saat ini dapat mendekatkan negara-negara pada situasi kemakmuran secara berkesinambungan loh.. 

Nah, teknologi digital saat ini sangat membantu para entrepreneur dan perusahaan untuk menjalankan roda bisnisnya. Namun perlu diketahui bahwa perusahaan perlu memiikirkan langkah yang strategis agar dapat mencapai pangsa pasarnya secara efisien dan efektif.

Marketing 4.0 adalah suatu pendekatan pemasaran yang menggabungkan interaksi online dan offline antara perusahaan dna pelanggan. Nah, Marketing 4.0 di era ekonomi digital saat ini menghubungkan antara kinerja mesin-mesin canggih dengan produktivitas manusia agar para konsumen dapat terlibat lebih aktif untuk mendapatkan produk/ pelayanan yang mereka inginkan.

Strategi apa saja yang perlu kamu ketahui untuk memasuki era ekonomi digital 4.0 saat ini yaitu kamu harus mengetahui dengan jelas value dari produk usaha kamu secara detail dan terperinci. Hal ini bertujuan agar saat kamu mulai memasarkan dan mengenalkan produk ke pelanggan, kamu lebih mudah dalam melakukan strategi pemasaran.
 

Ilustrasi: Online Shopping menjadi alternatif belanja saat ini


Ilustrasi: Online Shopping menjadi alternatif belanja saat ini
 

Setelah kamu sudah membagi kedalam segmentasi-segmentasi kecil nih sobat, kamu perlu memperhatikan betul bagaimana perilaku konsumen mu ini sobat, apakah target konsumenmu ini merupakan pengguna alat digital secara lihai atau cenderung kurang tanggap dengan kemajuan teknologi yang ada.

Saat kamu menggunakan channel-channel digital untuk memasarkan produkmu, tentu peran manusia masih sangat diperlukan ya sobat, kamu harus rajin dan pintar melihat peluang pasar agar produkmu ini dapat diminati oleh banyak konsumen.

Konten digital dan consumer relation management juga menjadi peranan penting untuk menyukseskan strategi marketing 4.0 saat ini, maka dari itu kamu sebagai seorang marketer atau sekaligus menjadi pemilik usaha perlu memperhatikan dengan betul kedua hal ini ya sobat muda.


Selain itu, langkah marketing yang lain adalah bagaimana knowledge mu harus lebih luas sobat, maka dari itu dengan membaca banyak buku marketing, belajar dari para mentor, dan mengamati perusahaan competitor, kamu jadi efektif dan efisien agar nantinya kamu bisa mengembangkan produk kamu mengikuti pasar yang cenderung selalu berubah.

Strategi yang tidak kalah penting adalah kamu harus bangun relasi yang lebih luas dan pasti, karena penyebaran informasi digital saat ini lebih mudah dan cepat, untuk itulah jangan sampai produkmu hanya sampai pada pangsa pasar sempit apalagi dengan informasi produk yang tidak jelas.

Produk dan perusahaanmu perlu menunjukkan integritas merek sejati sehingga kamu bisa memenangkan kepercayaan pelanggan. Tentunya strategi marketing harus sudah kamu kuasai ya sobat agar kamu lebih mudah dalam melakukan sasaran pemasaran yang efektif dan efisien.