Begini Cara Menabung untuk Liburan di Tengah Pandemi

Holiday - Canva

Holiday - Canva

Liburan memang membuat kita bisa sejenak melepas penat. Biasanya, destinasi wisata seperti pantai, taman bermain, hingga menikmati alam dengan suasana pegunungan jadi pilihan yang pas untuk mengisi waktu liburan kamu.

Sayangnya, pandemi Covid-19 terpaksa membuat rencana liburan kita jadi berubah. Meski berbagai tempat wisata di Indonesia sudah dibuka kembali dengan protokol kesehatan, tapi liburan di saat pandemi tentu saja berbeda.

Meski begitu, berbagai alternatif liburan di kala pandemi, yang mungkin bisa jadi pilihan. Salah satunya, yakni staycation.

Nah, meski liburan di saat pandemi berbeda dari biasanya, kamu pun tetap harus menabung biar enggak boncos nantinya. Dilansir dari laman Bisnis, berikut tips menabung untuk liburan yang bisa kamu coba.

Baca Juga: 3 Langkah Traveller Mengatur Keuangan
 

Bikin Anggaran Liburan dan Tandai Kalender

Langkah pertama, tentu saja membuat anggaran liburan dong! Kamu bisa tentukan dulu, lokasi, akomodasi, dan hal-hal apa saja yang akan kamu lakukan saat liburan nanti.

Setelah itu, kamu bisa cari tahu atau perkirakan biayanya. Nah, selanjutnya, coba deh tandai tanggal liburan kamu di kalender.

Hal itu dilakukan untuk membantu kamu menghitung waktu yang dibutuhkan untuk menabung hingga waktu liburan tiba. Dengan begitu, kamu jadi bisa lebih tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan dan kamu sisihkan setiap hari/pekan untuk mencapai anggaran tersebut.
 

Tetap Termotivasi untuk Menabung

Menabung itu perlu konsistensi. Untuk itu, coba deh ingat tujuan liburan kamu.

Bahkan, kamu bisa cetak/jadikan wallpaper handphone gambar destinasi atau tujuan liburan kamu lho! Memang sih terkesan “lebay”, tapi kalau itu bisa membantu motivasi kamu utnuk menabung, kenapa enggak?
 

Kurangi Jajan/Berlangganan Layanan Streaming

Memesan segelas kopi kekinian mungkin sudah jadi rutinitas kamu. Belum lagi, godaan diskon di aplikasi delivery makanan selalu menggoda iman kamu untuk membelinya.

Jajan itu memang asyik. Namun, buat kamu yang sedang berjuang untuk liburan, kebiasaan tersebut sepertinya harus dikurangi dulu nih, Be-emers.

Sebagai alternatif, kamu bisa membuat dan membawa kopi buatan sendiri. Selain itu, kamu juga bisa membawa camilan dari rumah agar enggak gampang tergoda untuk jajan lagi.

Selain itu, berlangganan layanan streaming film atau aplikasi pemutar musik juga sebenarnya bisa jadi salah satu sumber pemborosan dan berpotensi menghambat menabung.

Alternatif caranya, kamu bisa kok mengajak teman-teman atau saudara dan membuat akun video on demand bersama. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi pengeluaran berlebih dengan cara “patungan”.

Baca Juga: Usai Libur Panjang, Begini Cara Pulihkan Keuangan Kamu