Dua Modal Ventura Ini Bangun Platform Kolaborasi, Untuk Apa Ya?

Venture - Canva

Venture - Canva

Like

Modal ventura memang identik banget dengan pendanaan, terutama di sektor perusahaan rintisan (startup).

Lebih tepatnya sih, modal ventura merupakan suatu bentuk modal permulaan yang diberikan oleh investor swasta (venture capitalist) maupun perusahaan modal ventura (venture capital company) ke suatu perusahaan swasta (investee company).

Nah, baru-baru ini diketahui kalau dua perusahaan modal ventura, yakni PwC indonesia dan East Ventures sedang berkolaborasi nih, Be-emers.

Keduanya meluncurkan program PwC Nextlevel sebagai platform kolaborasi antara startup, scale-up, korporasi, dan investor.

Baca Juga: Identik dengan Startup, Apa sih Modal Ventura Itu?


Menurut Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca, dikutip dari Bisnis, platform tersebut diharapkan bisa mendukung peningkatan skala bisnis secara efektif dan efisien dan menyatukan ekosistem.

Selain itu, ia pun optimis kalau kemitraan tersebut bisa memperkuat kapabilitas startup dengan mempertajam kompetensi mereka dalam pengelolaan perusahaan. Sehingga, para startup terus tumbuh dan siap menghadapi banyaknya perubahan ke depannya.

Di sisi lain, Wilson menilai, tahun ini bisa jadi peluang yang cukup menarik bagi ekosistem startup untuk menata ulang caranya dalam berkolaborasi, berinovasi, dan bangkit kembali dengan lebih kuat.

Soalnya, pandemi Covid-19 telah membuat perkembangan ekonomi digital Indonesia sedikit tertahan. Meskipun, pandemi juga berdampak terhadap laju digitalisasi yang pesat.

Untuk itu, startup pun dinilai perlu fokus buat meningkatkan kapabilitasnya. 

Sementara itu, program ini diawali dengan mengundang perusahaan startup, scale-up, dan korporasi untuk bergabung dengan sesi khusus yang berfokus pada topik-topik mendasar di bidang tax, accounting and finance, structuring, funding strategy, legal, valuation, dan IT.

Adapun, program yang dimulai sejak November 2020 lalu ini bakal berlanjut ke fase kolaborasi startup, yakni pada Januari hingga Juni 2021.

Baca Juga: Pendanaan Masih Optimis, Yuk Intip Cara Angel Investor & Modal Ventura Berburu Startup