Mau Lakukan Pivot dan Adaptasi Bisnis? Begini Strateginya

Way - Canva

Way - Canva

Dalam berbisnis, tentunya ada satu waktu dimana kita dituntut untuk bisa menyesuaikan bisnis dengan kebutuhan pasar. Bahkan, dengan keadaan tertentu seperti saat pandemi Covid-19, bisnis kamu pun perlu penyesuaian baru.

Untuk itu, wajar jika suatu bisnis menerapkan pivot. Buat kamu yang belum tahu, pivot yakni sebuah langkah pengembangan dengan cara mengubah model bisnis.

Meski begitu, perubahan tersebut tetap mengacu sama visi dan misi bisnis yang sudah berlaku. Di satu sisi, pivot dinilai memungkinkan bisnis kamu untuk berkembang secara lateral di pasar. 

Nah, gimana caranya?

Baca Juga: Mau Menerapkan Pivot Bisnis? Pahami Dulu 3 Faktor Berikut
 

Kondisi Agar Bisnis Sukses

Mengutip saran Mauro Guillén dari laman Bisnis, ada tiga kondisi agar bisnis dapat berputar dengan sukses.

Nah, untuk menghadapinya, pivot bisnis harus dilakukan dengan cara:
  • Menyejajarkan perusahaan dengan setidaknya satu tren yang dibuat atau diintensifkan oleh pandemi (misalnya, kerja jarak jauh).
  • Secara lateral memperluas kapabilitas perusahaan yang ada dengan memperkuat tujuan strategis awal, dan
  • Menawarkan solusi berkelanjutan menuju profitabilitas yang mempertahankan atau meningkatkan nilai merek di benak konsumen.
 

Dukungan Virtual dan Perbaikan Teknologi

Dengan semakin banyaknya orang yang bekerja dan sekolah secara online, perusahaan meningkatkan fokusnya pada dukungan virtual dan perbaikan teknologi.

Bahkan, pertumbuhan e-commerce dan kini memfokuskan sebagian besar bisnis mereka secara online lho!

Hal tersebut pun menunjukkan kalau bisnis kamu enggak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu atau uang untuk mengatur ulang, mempersiapkan, dan mengeksekusi strategi bisnis dengan memanfaatkan kapabilitas yang ada.

Adapun, selama satu tahun terakhir, pemilik usaha jadi cukup fleksibel untuk tetap melanjutkan operasional, bahkan di saat-saat sulit seperti pandemi. Makanya, enggak ada salahnya kok untuk kita mengikuti dan belajar dari mereka untuk melewati tantangan bisnis yang datang.

Baca Juga: Pivot dalam Bisnis, Cara Siasati Dampak Pandemi