Banyak Diminati, Gimana Sih Cara Mulai Bisnis Franchise?

Like

 

Franchise - Canva

Franchise - Canva

 

Melihat Sejarah Franchise

Di abad pertengahan, seorang pemilik tanah di daratan Eropa biasanya bakal memberikan hak untuk para petani. Tanah tersebut pun bisa digunakan sebagai pasar, pameran, hingga bisnis di wilayahnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh para pemilik tanah di Eropa itu, seperti yang tercatat dalam jurnal History of Franchising, rupanya menjadi “bibit” awal dari skema bisnis waralaba atau franchise lho, Be-emers!

Dalam jurnal tersebut, bisnis waralaba berkembang seiring waktu sebagai cara yang efisien untuk melakukan bisnis di Eropa. Kata “Franchise” sendiri, berasal dari Bahasa Perancis yang berarti “bebas”.

Di Amerika Serikat, tepatnya di tahun 1850-an, Isaac M. Singer (1811-1875) mendapat pujian karena memulai penggunaan waralaba modern di Amerika Serikat lho!

Saat itu, Singer, yang telah meningkatkan model mesin jahit yang ada, ingin mencari distribusi yang lebih luas untuk produknya tetapi kekurangan uang untuk meningkatkan produksi. 


Alhasil, Singer membebankan biaya lisensi kepada orang-orang yang punya hak untuk menjual mesinnya di wilayah geografis tertentu dan menyediakan uang untuk produksi. Para pemegang lisensi pun bertanggung jawab untuk mengajari orang cara menggunakan mesinnya.

Akhirnya, usaha Singer itu pun menciptakan peluang untuk menghadirkan mesin jahit pertama yang sukses secara komersial nih, Be-emers.

 

Franchise - Canva

Franchise - Canva


Apa Itu Franchise?

Kalau berdasarkan pengertian dari Asosiasi Franchise Indonesia, bisnis waralaba atau franchise merupakan sebuah sistem distribusi barang atau jasa kepada pelanggan dengan pewaralaba yang memberikan hak kepada pihak lain buat melaksanakan bisnis dengan brand, sistem, dan prosedur yang telah ditentukan dengan jangka waktu tertentu.

Nah, dalam bisnis franchise itu ada sejumlah istilah yang biasa digunakan lho, seperti:
  1. Franchisor (pewaralaba)
    Franchisor merupakan badan usaha/pihak yang memberikan hak usahanya ke pihak lain.
  2. Franchisee
    Nah, kalau ini merupakan penerima waralaba, yang mana merupakan pihak yang diberikan hak usaha dari franchisor. Franchisee juga biasa disebut sebagai mitra.
  3. Franchise Fee
    Sedangkan Franchise Fee adalah biaya awal dari waralaba yang harus dibayarkan dimuka sebelum kamu mulai menjadi mitra franchise.

Nah, sudah siap buat mulai bisnis franchise belum nih, Be-emers?