Yuk Mulai Berbisnis dari Sekarang! Langkah Kecilmu Menentukan Masa Depanmu Lho!

( Sumber gambar : Canva )

( Sumber gambar : Canva )

Pada saat seperti ini, membuka usaha atau bisnis sendiri menjadi hal yang tidak asing lagi karena ada banyak orang yang ingin mencobanya. Banyak orang yang awalnya ragu untuk keluar dari zona nyamannya, kini ingin mewujudkan mimpinya.

Namun, juga banyak sekali alasan para pebisnis banyak yang mengurungkan niat untuk memulai bisnis dikarenakan harus modal yang besar dijadikan patokan. Padahal, banyak juga lho bisnis yang dimulai dari modal kecil, tapi tetap menghasilkan. Nyatanya, bisnis keci saat kini telah menjadi trend dikarenakan banyak varian ide yang cukup beragam dan juga kreatif. 

Akan tetapi, kita perlu banget untuk merancang apa aja sih yang perlu kita siapin sebagai awal pebinis baru, untuk menghindari kegagalan. Yang pastinya, memang kita harus yakin dengan apa yang akan kita jalani dan penuh kegigihan.

Berikut ini rincian penjelasan apa aja sih yang kita butuhkan untuk memulai bisnis kita.

Yang pertama, kalian perlu banget nih tahu bidang apa yang akan kalian pilih untuk memulai usaha kalian. Misalnya, makanan, kecantikan, atau jasa. Itu pokok dari semuanya.

Tahap selanjutnya yang perlu dilakukan adalah riset pasar. Biasanya, orang akan memulai bisnis ketika ia sudah memiliki ide utamanya, akan tetapi mereka belum bisa berhasil untuk menyeimbangkannya dengan realita yang ada.

Maka, penting banget nih untuk selalu mengecek dan melakukan riset untuk mengetahui apakah ide yang kita punya sudah berpotensi untuk sukses.
 
Setelah itu, perlu disusun perencanaan yang matang dari planning untuk kedepannya, hingga menghitung jumlah modal yang diperlukan.

Baca Juga: Beberapa Tips Agar Kita Berani untuk Memulai Berbisnis Online di Masa Pandemi

Walaupun jumlah modal yang akan dikeluarkan nantinya tidak terlalu besar, tetapi kalian harus tetap mencoba menghitung berapa jumlah modal yang akan diperlukan agar modal tetep bisa dipress, tetapi keuntungan yang diperoleh tetap besar.

Kendala ini dirasakan di awal membuka usaha, akan tetapi dapat diatasi dengan baik seminimal mungkin dengan menentukan biaya variabelnya terlebih dahulu. Apabila modal yang dimiliki tidak cukup untuk memulai usaha kalian, saat ini pinjaman angsuran berjangka dari Bank sudah banyak menyediakan, dan kalian bisa memanfaatkannya sebagai tambahan modal bagi bisnis kalian agar dapat berjalan semaksimal mungkin sesuai yang diharapkan.

Menentukan lokasi usaha perlu dipertimbangkan. Akan tetapi, apabila bisnis kalian berbasis online, mungkin untuk masih awal belum begitu memerlukan lokasi offline, untuk meminimalisir budget. Apabila tidak begitu membutuhkan peralatan baru, kalian dapat menggunakan peralatan yang sudah kalian punya untuk menjalankan usaha kalian.

Setelah semua sudah kalian persiapkan, tinggal kalian memikirkan strategi marketing untuk mempromosikan usaha kalian, dari keluarga, kerabat dekat, memanfaatkan social media yang ada seperti Facebook, broadcast WhatsApp dan sebagainya. Bahkan, kalian dapat memanfaatkan ketenaran aplikasi TikTok untuk memasarkan produk kalian.

Unggulkan brand kalian, misalnya dari packaging kalian dan sebagainya, sesuai dengan kreatifitas kalian untuk memasarkan produk.

Jangan pantang menyerah, kalian harus memiliki kegigihan untuk menjalaninya. Percayalah, usaha kalian mau besar atau langkah yang kalian lakukan gak akan mengkhianati hasil.

Yuk, mulai bisnis kalian jangan takut!!

Baca Juga: Memulai Bisnis vs Kerja Paruh Waktu, Mana yang Lebih Efektif Bagi Mahasiswa?