Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan dengan Metode Lifelong Learning

Belajar menyenangkan dengan Lifelong learning. Dok: Canva.com

Belajar menyenangkan dengan Lifelong learning. Dok: Canva.com

Like
Belajar merupakan suatu hal kewajiban sebagaimana predikatnya seorang pelajar. Namun, seringkali ditemukan para pelajar menanyakan hal yang sama terkait bagaimana caranya untuk tetap bisa belajar walaupun mereka merasa stres dan tertinggal.

Terlebih lagi, kini para pelajar harus menempuh pendidikan melalui pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 berlangsung. Metode belajar baru berbasis online ini tentu tidaklah mudah, banyak sekali tantangan yang di hadapi oleh para pengajar maupun pelajar yang mencari cara agar bisa belajar dengan efektif.

Keberlangsungan metode pembelajaran daring ini juga tentunya menjadi tanda tanya apakah para pelajar dapat memahami betul materi yang di sampaikan oleh para pengajar, karena ternyata masih banyak lho pelajar yang melakukan kesalahan pada metode belajar yang diterapkan semasa sekolah luring.

Oleh karenanya, berikut ini adalah pemaparan dari kesalahan terbesar yang seringkali di lakukan oleh pelajar dan solusi cara menerapkan belajar yang efektif menggunakan lifelong learning pada metode pembelajaran daring.

• Satu kesalahan terbesar dalam belajar

 

satu kesalahan terbesar. dok: canva.com

satu kesalahan terbesar. Dok: canva.com

Siapa yang masih belajar dengan metode menghafal? Ayo angkat tangan!

Sebagian besar para siswa-siswa belajar dengan metode menghafal materi yang di pelajarinya mulai dari rumus, bahan bacaan, dan lainnya. Terlebih lagi, bagi mereka yang menerapkan metode menghafal hanya ketika menjelang ujian saja atau seringkali kita kenal dengan SKS yakni sistem kebut semalam.

Dengan demikian, kalian tidak akan mampu untuk bisa memahami apa yang kalian pelajari dan metode menghafal seperti ini dapat menyebabkan daya konsentrasi berkurang ketika ujian berlangsung

Kenapa demikian? Karena kalian berusaha untuk mengingat dan merangkai segala kalimat yang telah kalian hafalkan dan di saat itu juga otak kalian berkerja secara keras sehingga alhasil kalian bisa saja melupakan beberapa hal yang dirasa sudah kalian hafal.

Jika kamu tak mengembangkan materi yang kamu pelajari, kerugian yang akan kamu alami sangatlah banyak. Terlalu fokus menghafal bukan benar-benar menyoba untuk memahaminya, menjadikan kebanyakan pelajar begitu lulus banyak yang lupa dan bingung ilmu yang di dapat mau di apakan.

Itulah, kesalahan terbesar yang sering terjadi selama belajar. Jika kamu merasa kesulitan untuk menemukan cara belajar yang efektif, jangan khawatir, ternyata banyak lho metode cara belajar yang efektif dan menyenangkan yang bisa kamu terapkan salah satunya ada metode lifelong learning.

Penasaran sama apa itu lifelong learning dan gimana cara menerapkannya? Yuk kita simak pembahasan berikut ini.
 

• Metode Lifelong Learning
 

metode lifelong learning. dok: canva.com

metode lifelong learning. Dok: canva.com



Metode satu ini bertujuan untuk merubah perspektif kalian menjadi berbeda dari sebelumnya. Karena lifelong learning merupakan mindset dimana kamu mengejar ilmu, belajar, mengembangkan diri karena timbulnya keinginan dari dirimu sendiri dan kamu senang melakukannya.

Biasanya ketika kalian tidak menyukai suatu pelajaran yang menurut kalian terlalu susah atau beberapa faktor eksternal seperti rasa malas atau karena guru yang mengajar tidak kalian sukai. Karena faktor eksternal yang kita alami tersebut menghalangi kita untuk suka dengan proses belajar yang tengah di alami.

Sementara itu, lifelong learning ini merupakan aktivitas pembelajaran seumur hidup yang diperlukan oleh setiap orang. Jika, metode belajar ini diterapkan dan diasah dengan baik kepada para pelajar tentunya banyak siswa yang akan belajar dengan sadar dan menikmati setiap proses belajarnya secara sukarela. Hanya saja, tidak semua orang menyukai aktivitas belajar.

Namun, ada beberapa cara menyenangkan yang bisa kamu terapkan untuk menjadi lifelong learning. Apa saja itu? Yuk bahas satu-persatu.
 

1. Ciptakan Tujuan Pembelajaran dengan rasa empati

Dimulai dengan menumbuhkan rasa empati. Dengan memiliki sikap empati kamu memiliki kemampuan untuk memahami sudut pandang dari prospek kamu sehingga kamu dapat memiliki keinginan untuk mengerti dan ingin membantu capai prospek yang kamu inginkan.


2. Mulailah dari hal kecil dan ringan

Membiasakan diri untuk melakukan aktivitas sederhana sebelum memulai belajar seperti, mencoba untuk membaca buku dengan kurun waktu 10-15 menit sehari. Kalian bisa memulai memilih buku yang berkaitan dengan hal yang kalian sukai dan nikmatilah proses membaca buku tersebut menjadi sebuah kebiasaan baru yang menjadi keharusan nantinya.
 

3. Merubah cara belajar menjadi menyenangkan

Jika kamu memiliki sudut pandang bahwa proses belajar merupakan tugas yang harus diselesaikan, maka proses belajar yang di lakukan tidaklah efektif. Jadikan proses belajar sebagai sesuatu yang menyenangkan dengan menggunakan media yang kalian sukai seperti melihat video edukasi atau mendengarkan podcast untuk membangun motivasi atau bisa menggunakan alat peraga untuk mendukung daya mengingat menggunakan imajinasi kalian.
 

4. Belajar dari pengalaman

Seperti yang telah di bahas pada poin sebelumnya, kesalahan yang pernah dilakukan adalah alat pembelajaran yang sangat hebat. Jadikan kesalahan tersebut sebagai kesempatan untuk belajar dan memperbaiki diri. Belajar dari pengalaman memiliki arti bahwa kamu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

Keempat pembahasan diatas merupakan langkah sederhana yang bisa kalian terapkan untuk menjadi seorang lifelong learning. Jadikan metode ini sebagai motivasi untuk menggapai cita-cita yang kalian inginkan.

Jika dilakukan secara sungguh-sungguh pastinya akan bermanfaat untuk kedepannya. Seperti pepatah yang mengatakan, “Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil”.

Selamat mencoba!

Baca Juga: PJJ Selama Sembilan Bulan, Efektif Kah?