Tren Tutup Gerai, Swalayan Lokal Ini Malah Tetap Eksis dan Dikenal Murah! Mana yang Paling Hemat?

Like

 

Retail - Canva

Retail - Canva

 

Indogrosir

Kamu pernah tahu ada supermarket yang menjual barang dengan harga grosir?

Nah, Indogrosir ini lah salah satunya. Indogrosir punya tiga cabang lho di Wilayah jakarta dan Bekasi, yakni di Kemayoran Cipinang, serta di Bintara. Selain itu, dari laman resminya, Indogrosir juga punya lebih dari 25 cabang yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Awalnya, di bawah PT Intraco (Intraco Group), Indogrosir menjalani bisnis distribusi barang-barang kebutuhan sehari-hari (konsumer). Hingga akhirnya, Intraco mulai ekspansi ke usaha minimarket, yakni Indomaret.

Enggak cukup sampai di situ, Intraco pun mendirikan anak usaha yakni PT Inti Cakrawala Citra. Nah, perusahaan ini yang menaungi supermarket Indogrosir di sektor retail yang lebih besar nih, Be-emers.

Indogrosir sendiri sudah eksis di Jakarta sejak tahun 1993 lho! Enggak cuma jualan secara ritel, Indogrosir juga mendistribusikan barang konsumer dan barang lainnya dengan skala yang cukup besar.


Kini, PT Inti Cakrawala Citra merupakan anak usaha dari PT Indoritel Makmur Internasional Tbk. lho! Dengan kata lain, Indogrosir juga menjadi bagian dari kerajaan bisnis Salim Group.

Berdasarkan laporan keuangan PT Indoritel Makmur Internasional Tbk. (DNET) hingga 30 September 2020, emiten yang menaungi banyak usaha ritel tersebut meraih penjualan Rp316,15 miliar, naik drastis hingga 102,83 persen secara year-on-year (yoy).

Namun, laba bersih DNET harus anjlok hingga 72,92 persen (yoy) menjadi Rp71,98 miliar di kuartal ketiga 2020.

Adapun, sesuai namanya, secara harga Indogrosir juga dikenal sangat murah. Sama kayak swalayan lainnya, Indogrosir juga sering kasih promo nih.

Buat kamu yang punya usaha toko kelontong, kamu bisa bikin member juga nih di Indogrosir. Soalnya, kamu bisa dapat potongan harga lagi lewat poin yang dikumpulkan. Sekarang, kamu bisa juga sih belanja via online lewat layanan Klik Indogrosir.
 

Moro Grosir dan Ritel

Di wilayah Purwokerto, Jawa Tengah, ada juga nih swalayan yang cukup nge-top dan terkenal dengan harganya yang sangat terjangkau, yakni Moro.

Berdiri sejak Desember 1997, Moro ini merupakan hypermart dengan konsep ritel dan grosir nih. Yah, mirip-mirip lah sama Indogrosir. 

Didirikan oleh pengusaha lokal bernama Lidya Puspita, Moro dikelola oleh PT Bamas Satria Perkasa. Kini Moro dimiliki oleh dua pengusaha bernama Made Widiana.

Diambil dari Bahasa Jawa yang berarti “datang”, Moro kini juga telah berkembang pesat lho. Soalnya, enggak hanya jadi tempat belanja, Moro juga jadi menyediakan food court yang sangat besar, lahan parkir yang luas seperti mall, hingga department store.
 

Toserba Borma

Nah, buat warga Bandung, pasti sudah enggak asing lagi nih sama swalayan atau toserba Borma. 

Pertama kali eksis di Dakota Pasteur sejak Oktober 1976, Toserba Borma dikelola sama PT Harja Gunatama Lestari. Nah, di tahun 1991, Toserba Borma merger nih sama pesaingnya, yakni Borobudur Market.

Alhasil, merger tersebut bikin Borma jadi ritel modern terbesar kedua di Bandung lho! Bahkan, kini Toserba Borma sudah punya lebih dari 20 gerai di Bandung nih, Be-emers.

Selain jadi salah satu ritel modern terbesar di Bandung, Toserba Borma memang cukup terkenal dengan harga barang-barangnya nih.

 

  Toserba Borma - Image: Piterest

Toserba Borma - Image: Pinterest


Wah, baik Moro sama Borma cocok banget buat para mahasiswa perantauan yang berada di wilayah Purwokerto dan Bandung.



Nah,  retail modern mana nih yang menurut kamu paling hemat buat tempat belanja?