Cek Fakta: Benar Enggak sih, Golongan Darah O Jarang Terinfeksi Covid-19 Secara Serius?

Covid-19 - Canva

Covid-19 - Canva

Like

Pandemi Covid-19 memang belum berakhir hingga awal tahun 2021 ini, Be-emers. Di satu sisi, ada suatu isu yang muncul di tengah publik kalau golongan darah O lebih kebal untuk menghadapi virus Covid-19 nih.

Selain itu, katanya sih, golongan darah O jarang banget terinfeksi secara serius terhadap virus Covid-19. Waw!

Memang benar ya? Cek faktanya di sini yuk!

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Pakai Masker Ganda Lebih Efektif Mencegah Covid-19?

Dikutip dari laman Bisnis, sebuah penelitian baru-baru ini menyatakan kalau orang dengan golongan darah O punya penurunan risiko terkena virus corona dibandingkan orang dengan golongan darah lain lho!


Diketahui, Peneliti biomedis dari Denmark sedang dalam tahap awal untuk menemukan lebih banyak informasi mengenai hubungan atau keterkaitan antara virus corona baru dengan golongan darah tertentu.

Menurut kepala staf VA Eastern Kansas Health Care System bernama Michael Leeson, bukti menunjukkan golongan darah tertentu lebih mungkin terinfeksi virus corona baru ketimbang golongan darah lainnya.

Nah, orang dengan golongan darah O dikaitkan dengan penurunan risiko terinfeksi virus daripada orang dengan golongan A, B, atau AB. Namun, penurunan risikonya cuma sekitar 10 persen doang nih, Be-emers.

Makanya, Leeson tetap merekomendasikan agar setiap orang, termasuk yang bergolongan darah O, untuk terus mengambil tindakan pencegahan ekstra supaya aman dari infeksi virus Covid-19.

Baca Juga: Alat Deteksi Covid-19 Buatan UGM Ini Resmi Dipakai di Transportasi Umum, Apa Itu GeNose?

Adapun, sebelumnya, sejumlah penelitian juga menemukan hasil serupa, di mana golongan darah O lebih sulit mengalami infeksi dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Namun, peneliti juga masih melanjutkan penelitiannya untuk mencari informasi lebih banyak soal kasus ini.

Waaah. Siapa nih yang golongan darahnya O? Kamu percaya enggak sama penelitian di atas?

Meski begitu, apapun golongan darah kamu, jangan pernah sepelekan virus Covid-19 ya, Be-emers. Tetap patuhi protokol kesehatan dan stay safe ya!