Seperti Apa Prediksi Pasar E-Commerce di 2021?

E-Commerce - Canva

E-Commerce - Canva

Pola konsumsi masyarakat terus berubah dari waktu ke waktu. Bahkan, pandemi Covid-19 pun telah mengubah pola konsumsi masyarakat nih.

Salah satunya, masyarakat jadi lebih sering melakukan belanja secara online. Alhasil, sektor e-commerce pun jadi sorotan.

Kalau menurut Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, dikutip dari Bisnis, tahun 2020 menjadi tahun yang sangat transformatif buat sektor e-commerce.

Soalnya, konsumen diharuskan mengikuti regulasi social distancing dan beraktivitas di rumah. Alhasil, mereka beralih ke platform online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta mencari hiburan dan interaksi.

Di satu sisi, hal itu bikin kegiatan belanja online berkembang, dari sekedar pengalaman transaksional menjadi pengalaman yang lebih sosial. Platform e-commerce pun mengintegrasikan lebih banyak elemen interaktif, untuk mengajak para pengguna berpartisipasi.

Nah, dengan adanya tren e-commerce yang masih berlanjut, pihak Shopee pun memprediksi pasar e-commerce di 2021.

Baca Juga: Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Wadah Berbisnis
 

Peningkatan Pembayaran Digital

Enggak cuma belanja yang digital, pembayaran digital juga jadi marak digunakan, terutama untuk transaksi melalui e-commerce. Selain itu, pembayaran digital pun dinilai lebih efisien, aman, dan nyaman.

Dengan meningkatnya pembayaran digital, enggak heran kalau banyak e-commerce yang juga memanfaatkan layanan dompet digital. Misalnya saja, Shopee yang memiliki layanan dompet digital yakni ShopeePay.
 

Kebutuhan Logistik Semakin Penting

Dalam bisnis e-commerce, logistik dinilai bakal jadi semakin penting nih, Be-emers. Soalnya, konsumen semakin mengandalkan platform e-commerce dan punya harapan besar untuk pengiriman yang lebih efisien.

Selain itu, di platform Shoppe sendiri, kategori logistik seperti makanan, kebutuhan sehari0hari, hingga kebutuhan kesehatan telah meningkat lebih dari 4,5 kali lipat.

Untuk itu, bagi para pelaku usaha yang menjadi mitra e-commerce perlu memanfaatkan teknologi e-commerce secara efektif untuk memastikan bahwa paket dikirim tepat waktu dan hemat biaya.
 

Mitra E-Commerce Punya Strategi Ritel yang Inovatif

Disadari atau enggak, pandemi telah mendorong berbagai sektor bisnis untuk segera menerapkan strategi digital agar dapat terus menjangkau pelanggan.

Makanya, pihak e-commerce pun dinilai perlu beradaptasi dan berkolaborasi dengan brand dan penjual ini untuk menerapkan strategi ritel inovatif. Hal itu dilakukan untuk membantu mereka mengajak pelanggan berpartisipasi dan mengembangkan online presence.

Baca Juga: Kamu Bisa Manfaatkan E-Commerce untuk Tembus Pasar Ekspor Lho!