Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Wadah Berbisnis

pemanfaatan e-commerce sebagai wadah untuk berbisnis

pemanfaatan e-commerce sebagai wadah untuk berbisnis


Kecanggihan teknologi di abad ke-21 ini dapat digunakan untuk meningkatkan ekonomi dengan melakukan jual beli secara online. Di zaman sekarang ini kita bisa memanfaatkan smartphone kita untuk melakukan transaksi jual beli,

Dulu, jika kita ingin membeli barang, kita harus datang ke toko barang yang ingin kita beli. Sekarang, kita hanya mengunjungi sebuah website dan bisa memilih barang yang kita ingin kan. Metode pembayarannya bukan hanya secara tunai saja, tapi juga bisa secara cash on delivery (COD).

Pemanfaatan e-commerce ini tidak dapat dipisahkan oleh para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pelaku UMKM bisa mempromosikan dan mengembangkan bisnisnya melalui e-commerce ini, sehigga para pelaku UMKM bisa berinovasi sekreatif mungkin agar barang yang di perjualkan diminati konsumen.

Kemudahan dalam bertransaksi secara online ini akan berpotensi besar dalam penjualan barang atau jasa yang kita perjualankan. Selain para pelaku UMKM, para pemula yang ingin berbinis juga bisa berbisnis dan perlu diperhatikan jika ingin berbisnis lewat e-commerce ini.

Sedikit hal yang perlu di perhatikan untuk pemula dalam berbisnis di e-Commerce ini yaitu ;


1. Membentuk niat
Niat ini menjadi modal utama para bisnis pemula untuk mengembangkan usahanya. Niat ini pun yang akan menjadi kan bisnis kita seperti apa kedepannya.

2. Memilih nama toko online shop
Memilih nama online shop ini hal yang wajib karena pemilihan nama toko akan menjadi branding selamanya. Selain itu, nama toko ini yang akan dicari para konsumen untuk melihat-lihat produk atau jasa yang di tawarkan.

3. Menentukan produk
Sedikit tips cara menentukan produk yaitu;
  1. Pilihlah produk yang awet dan tahan lama
  2. Jangan mengikuti tren, jika tren hilang maka produk akan ikut tenggelam polularitasnya.
  3. Coba memilih produk yang menjadi kebutuhan utama para konsumen
  4. Berikan ciri khas pada produk yang akan di jual
  5. Utamakan kualitas produk

4. Promosikan Produk
Lakukan promosi terhadap barang yang akan dijual di berbagai platfrom media sosial sehingga produk dikenal oleh orang-orang atau calon konsumen. Jejaring sosial memang memiliki peran penting dalam upaya mempromosikan barang atau jasa.

5. Anggaran
Anggaran adalah hal yang pokok dalam berbisnis, menjadi hal yang paling awal dalam memulai bisnis. Anggaran mempunyai fungsi untuk menentukan modal awal.

Sedikit informasi mengenai pemanfaatan e-commerce sebagai wadah untuk berbisnis
So, tunggu apalagi ayo berbisnis untuk meningkatkan ekonomi yang sedang terpuruk ini!

Baca Juga: Kamu Bisa Manfaatkan E-Commerce untuk Tembus Pasar Ekspor Lho!