Kamu Bisa Manfaatkan E-Commerce untuk Tembus Pasar Ekspor Lho!

E-Commerce - Canva

E-Commerce - Canva

Like

Menjalani bisnis hingga ke pasar internasional tentunya jadi prospek yang baik nih untuk para pelaku usaha.

Apalagi di era digital ini, peluang untuk merambah ke pasar ekspor bisa lebih mudah lho, Be-emers!

Bahkan, pertumbuhan e-commerce juga cukup signifikan nih. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memperluas pangsa pasar, baik di dalam negeri hingga skala internasional.

Menurut Direktur Shopee Indonesia Handika Jahja, dikutip dari laman Bisnis, banyak pelaku usaha yang kini mulai memanfaatkan platform e-commerce.

Baca Juga: Punya Bisnis Online? Kenali Dulu Yuk Bentuk-bentuk e-Commerce


Hal itu tercermin dari jumlah penjual di platform Shopee yang meningkat sekitar 60 persen dari tahun ke tahun.

Berdasarkan riset perusahaan induk Shopee, yakni Sea Group, pendapatan rata-rata UMKM di Indonesia yang sudah mengadopsi e-commerce meningkat hingga lebih dari 160 persen, dengan peningkatan produktivitas sebesar 110 persen lho!

Pertumbuhan itu jelas banget akan menciptakan peluang baru untuk pelaku UMKM. Dengan penjualan secara online di platform e-commerce, pelaku usaha bisa mengembangkan bisnis dan menggarap pasar yang lebih luas dan enggak terbatas.

Menurut pihak Shopee, sejumlah produk yang cukup potensial dalam menembus pasar ekspor, antara lain:
  • Produk fashion, khususnya fesyen muslimah,
  • Kuliner
  • Kecantikan dan perawatan, hingga
  • Perlengkapan rumah tangga

Enggak hanya itu, sejumlah e-commerce menyiapkan program khusus yang membantu para seller untuk  mengembangkan dan memperluas jangkauan ke pasar ekspor nih.

Hal itu juga yang dilakukan oleh Shopee. Untuk membantu mengembangkan UMKM, pihaknya diketahui punya program khusus seperti program ekspor Kreasi Nusantara: Dari Lokal Untuk Global dan Program Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee.

Baca Juga: Peluang Bisnis Kaus Kaki Bisa Sampai Ekspor, lho!