Viral Meme Nyan Cat Laku Hingga Ratusan Ribu Dolar! Kok Bisa Sih?

Nyan Cat - Pinterest

Nyan Cat - Pinterest

Like

Kalian tahu meme kucing terbang dengan gambar pelangi dan bersuara imut yang viral itu enggak sih, Be-emers?

Popularitas meme bernama “Nyan Cat” itu rupanya laku terjual hingga ratusan ribu dolar lho! Diketahui dari Business Insider, meme Nyan Cat terjual sekitar US$590 ribu dalam lelang online pada Jumat (19/2) lalu.

Kok bisa sih?

Baca Juga: Harga Kucing Persia Ada yang Mahal dan Murah, Kok Bisa?
 

Cuan dari Platform Seni Kripto

Jadi, selama beberapa minggu terakhir, penjualan online token non-fungible (NFT) telah melonjak. Selain gara-gara cryptocurrency kayak Bitcoin, hal itu juga dipicu sama penjualan seni kripto.

Diketahui, produk seni di NFT dalam beberapa kasus telah terjual lebih dari US$3,5 juta. Jumlah tersebut telah berkontribusi pada pasar seni kripto yang saat ini bernilai lebih dari US$ 100 juta lho.


Nyan Cat sendiri ditawar mulai dari 3 Ethereum (ETH) atau sekitar US$1.544,38 dan ditutup pada 300 ETH atau sekitar US$590.000 pada saat penjualan.

Buat kamu yang belum tahu, mayoritas platform seni kripto menggunakan Ethereum sebagai alat pembayaran. ETH sendiri merupakan cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan nilai pasar setelah Bitcoin.

Sementara itu, dalam lelang online tersebut, pembeli anonim dengan nama “oxy7eb2 ... 3f6b" di situs Foundation diketahui bakal jadi pemilik tunggal meme digital tersebut.

Torres pun juga enggak berencana buat menjual salinan dari meme Nyan Cat di masa mendatang. Meski begitu, GIF dan video Nyan Cat yang ada akan tetap tersedia untuk didistribusikan secara online kok, Be-emers.

Nah, bagi sang pencipta meme Nyan Cat yakni Chris Torres, penjualan di NFT sudah mewakili terobosan pertamanya dalam seni kripto.

Platform NFT sendiri dinilai memungkinkan seniman seperti Torres untuk terus mendapatkan keuntungan dari karya mereka nih, Be-emers. Pada dasarnya sih, penjualan seni kripto memungkinkan pembeli untuk beroperasi seperti kolektor seni.

 

Chris Torres dan Kucingnya yang jadi inspirasi meme Nyan Cat - Image: The New York Times

Chris Torres dan kucingnya yang jadi inspirasi meme Nyan Cat
- Image: The New York Times


Bahkan, dilansir dari The New York Times, aktris Lindsay Lohan juga menjual gambar wajahnya seharga lebih dari US$17.000!

Sebenarnya, banyak orang yang dinilai sudah lama mengaitkan nilai emosional dan estetika pada barang fisik, seperti seni rupa, dan bersedia membayar banyak uang untuk barang tersebut. Sayangnya, media digital belum memiliki nilai yang sama karena dapat dengan mudah disalin, dibagikan, bahkan dicuri.

Jadi, dalam penjualan NFT, semua komputer yang terhubung ke jaringan cryptocurrency mencatat transaksi pada blockchain. Hal itu menjadikannya bagian dari catatan publik permanen dan berfungsi sebagai semacam sertifikasi keaslian yang enggak bisa diubah atau dihapus.

Makanya, kehadiran NFT yang mengandalkan teknologi untuk menunjuk salinan resmi media digital, memungkinkan artis, musisi, influencer, dan waralaba olahraga menghasilkan uang dengan menjual barang digital yang seharusnya murah atau gratis!

Wah, bisa jadi ladang cuan baru kamu nih, Be-emers!

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Cryptocurrency dan Jenis-Jenisnya

Adapun, meme Nyan Cat pertama kali dipublikasi dalam format GIF pada April 2011 oleh Chris Torres. Saat itu, pria asal Texas, Amerika Serikat itu menggunakan nama "prguitarman", di laman websitenya yakni LOL-Comics.

Popularitas vidio musik Nyan Cat telah mencapai peringkat kesembilan dalam Business Insider's Top Ten Viral Videos pada 2011 lalu, dengan total 7,2 juta penonton lho, Be-emers!

Buat kamu yang punya cerita, opini, atau artikel menarik lainnya, yuk daftar dan share tulisan kamu di Bisnis Muda sekarang!