Dapat Uang Salah Transfer? Jangan Sembarangan, Kamu Wajib Lakukan Hal Ini

ATM - Canva

ATM - Canva

Like

Kamu pernah salah transfer ke rekening orang lain enggak sih, Be-emers? Atau, pernah mendapatkan kiriman uang dari rekening yang kamu enggak kenal?

Saat menerima kiriman uang “nyasar” itu, pastinya kamu bakal senang banget karena saldo kamu jadi bertambah. Eits, tapi kan itu bukan hak kamu lho, Be-emers!

Soalnya nih, kayak kasus salah transfer dana nasabah Bank BCA, yang mana si pemilik rekening akhirnya melakukan somasi buat menyelesaikan masalah tersebut.

Jadi, apa yang harus kamu lakukan kalau mendapatkan dana kesalahan transfer pemilik rekening lain?

Baca Juga: Pelajaran Finansial dari Film Thailand ATM: Er Rak Error


 

Wajib Dikembalikan!

Kamu harus waspada nih kalau mendapatkan dana yang nyasar ke rekening kamu, Be-emers. Soalnya, kalau sampai dana tersebut terpakai, bahkan secara enggak sengaja, kamu bakal dikenakan tindak pidana lho!

Hal itu pun diatur dalam UU Hukum Perdata. Berdasarkan pasal 1360, disebutkan bahwa.

“Barang siapa secara sadar atau tidak, menerima suatu yang tak harus dibayar kepadanya, wajib mengembalikannya kepada orang yang memberikannya”


Dengan begitu, kalau kamu mengalami hal tersebut, kamu wajib mengembalikan dana hasil salah transfer tersebut.

Dengan catatan, dilansir dari Bisnis, pihak bank harus bisa membuktikan dana tersebut tidak diperuntukkan bagi orang yang bersangkutan. 

 

Cross Check ke Pihak Bank

Eits, tunggu dulu. Sebelum mengembalikan uangnya, kita harus melakukan cross-check ke pihak bank yang bersangkutan.

Pastikan kalau bank tersebut benar telah melakukan salah transfer. Jangan lupa juga tanyakan kembali mengenai jumlah uangnya. 

Makanya, kamu berhak minta ke pihak bank untuk membuat surat atau pemberitahuan resmi mengenai kesalahan transfer tersebut. Selain kewajiban dari bank, hal ini juga bisa menghindari terjadinya penipuan dari oknum-oknum tertentu dengan mengatasnamakan bank. 


Buat kamu yang punya cerita, opini, atau artikel menarik lainnya, yuk daftar dan share tulisan kamu di Bisnis Muda sekarang!