Apakah Kamu Cocok Punya Usaha Franchise? Cek Tipe dan Karakternya di Sini

Like

Franchise - Freepik

Franchise - Freepik

 

Karakter Ini Cocok Berbisnis Franchise

Nah, untuk menjadi seorang franchisee dan menjalani bisnis franchise, kamu juga perlu punya sejumlah sifat atau karakter yang mendukung agar bisnis kamu cuan nih.

Yah, ibarat jodoh, berbisnis pun juga harus sesuai dengan karakter kita dan jenis bisnis itu sendiri dong! Nah, dalam buku Membeli dan Menjual Franchise, sejumlah karakter ini dinilai sangat cocok untuk menjalani bisnis franchise lho.

Siap Jadi Wirausaha
Hal pertama yakni siap menjadi wirausaha. Soalnya, enggak semua orang punya karakter seperti ini lho, Be-emers.

Apalagi buat kamu yang cenderung terbiasa menjadi karyawan, dengan menjadi wirausaha, kamu sudah harus siap merubah pola kerja dan sikap dalam menerima semua risiko yang ditimbulkan dalam bisnis.



Suka Sama Bisnis Franchise
Seperti halnya mendapatkan jodoh, hal pertama pasti didasari sama rasa suka dong? Begitu juga ketika kamu memilih bisnis franchise.

Soalnya nih, banyak lho franchisee gagal dalam berusaha karena pada saat membeli hak waralaba, ia cuma membayangkan untuk menjadi kaya dan mendapatkan banyak uang. Namun setelah bisnisnya berjalan, ia justru merasa tertekan dan enggak menyukainya.

Alhasil, dari keterpaksaan itu lah yang akhirnya justru bikin bisnis franchise yang dijalani seorang franchisee malah jadi gagal dan rugi.


Senang Berinteraksi dengan Banyak Orang
Bisnis franchise bakal melibatkan kamu dengan banyak orang. Misalnya, komunikasi dengan karyawan, pemilik dana, franchisor, supplier maupun pelanggan.

Nah, kalau kamu sangat senang berinteraksi dengan banyak orang, kayaknya kamu memang cocok buat menjalani bisnis franchise.

Baca juga: Mau Mulai Bisnis Franchise? Kenali Dulu Yuk Format dan Jenisnya!


Sudah Mempelajari dan Siap Berbisnis Franchise dengan Baik
Kalau kamu sudah mempelajari konsep bisnis franchise dengan baik, mulai dari cara memilih franchisor, jenis usaha, hingga franchise offering dan modal, kamu sepertinya sudah sangat siap untuk berbisnis waralaba nih, Be-emers.

Selain itu, pastikan juga modal yang kamu siapkan lebih banyak dari yang disyaratkan franchisor ya. Soalnya, paling tidak, kamu harus memperhitungkan modal kerja untuk enam bulan hingga satu tahun ke depan.

Jadi, kalau kamu sudah memiliki sejumlah karakter di atas, mau tunggu sampai kapan untuk memulai bisnis franchise?



Buat kamu yang punya cerita, opini, atau artikel menarik lainnya, yuk daftar dan share tulisan kamu di Bisnis Muda sekarang!