Mengenal Apa Itu Affiliate Marketing, Cara Cuan di Ranah Digital

Like

Affiliate Marketing - Canva

Affiliate Marketing - Canva

 

Keunggulan Affiliate Marketing

Affiliate marketing yang pertama kali berkembang di AS pada tahun 1994 ini memang dinilai punya keunggulan yakni bisa dilakukan dalam skala kecil hingga besar.

Beda banget sama marketing pada umumnya yang hanya bisa mempromosikan dan menjual produk dari satu perusahaan saja. Dari sisi perusahaan, affiliate marketing ini bisa membantu efisiensi perusahaan dalam mendapatkan calon konsumen sesuai target pasarnya.

Selain itu, bagi sebuah perusahaan yang ingin memasarkan produknya, affiliate marketing juga punya keunggulan lainnya, yakni:
  • Menjaga Penjualan Stabil
    Affiliate marketing cenderung lebih stabil. Dengan begitu, penjualan dan pemasukan perusahaan pun akan cenderung lebih stabil juga.
     
  • Rendah Risiko dan Efisiensi Biaya Marketing
    Buat bisnis yang baru merintis dan berskala kecil, affiliate marketing ini juga lebih rendah risiko.

    Seperti yang diketahui, strategi marketing kadang belum tentu berhasil tapi bisa membuat pengeluaran usaha menjadi cukup besar. Nah, afiliasi marketing ini bisa membuat pemasaran produk jadi lebih efisien dan minim risiko.


    Di satu sisi, perusahaan hanya cukup memotong komisi untuk afiliasi. Sedangkan untuk marketing pada umumnya, kamu tentu menyiapkan sejumlah biaya lain, seperti gaji hingga “uang entertain”.

Sementara itu, konsumen juga diuntungkan lho dengan adanya affiliate marketing ini. Soalnya, para konsumen ini hanya cukup melihat gimana si afiliasi ini mencoba mengulas sebuah produk atau jasa.

Baca Juga: Pentingnya Strategi Marketing 4.0 di Era Ekonomi Digital

 

Jenis-Jenis dan Cara Mulai Affiliate Marketing

Affiliate marketing benar-benar memanfaatkan platform digital nih, Be-emers. Sejumlah e-commerce misalnya, diketahui menggunakan jasa affiliate marketer dengan menawarkan komisi sekitar 5-15 persen per penjualan.

Nah, sebenarnya ada beberapa jenis afiliasi untuk melakukan affiliate marketing lho. Dilansir dari laman Glints, jenis afiliasi tersebut antara lain:
  • Influencer
    Fenomena influencer memang semakin marak seiring dengan makin canggihnya teknologi dan masifnya pemakaian media sosial nih, Be-emers. Sesuai namanya, seorang influencer punya kemampuan buat mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat nih.

    Belum lagi, seorang influencer tentu punya jumlah pengikut (followers) atau subscriber yang banyak. Dengan begitu, akan sangat mudah bagi seorang influencer untuk melakukan affiliate marketing dan mempromosikan produk milik orang lain.
     
  • Blogger
    Mirip dengan influencer, seorang blogger juga bisa menjadi affiliate marketer yang baik lho! Lewat tulisannya, seorang blogger dapat melakukan uji coba produk atau jasa dengan hasil ulasan yang detail dan lebih meyakinkan.
     
  • Website, E-Commerce, dan Media Massa
    Affiliate marketing enggak hanya bisa dilakukan oleh perorangan doang nih. Suatu lembaga juga bisa menjadi affiliate marketer.

    Misalnya, website khusus yang dikelola untuk menjadi affiliate marketer, hingga e-commerce dan media massa.

    Meski begitu, media massa punya tarif yang lebih mahal sebagai affiliate marketer nih, Be-emers. Soalnya, jangkauan publik untuk mengakses media massa jauh lebih luas.

Dengan peluang cuan yang cukup menarik, menjadi affiliate marketer tentunya bisa kamu coba nih, Be-emers. Apalagi buat kamu yang memang suka berinteraksi dengan orang lain dan punya kemampuan marketing yang cukup oke.

Dikutip dari Ahrefs, ada tujuh cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk memulai sebagai affiliate marketer:
  1. Pilih platform digital kamu
  2. Tentukan peluang, bisa dari produk UMKM atau produk perusahaan besar.
  3. Temukan dan bergabung dengan program-program afiliasi
  4. Buat konten yang menarik
  5. Arahkan traffic ke situs afiliasi kamu
  6. Dapatkan banyak “klik” pada tautan afiliasi Anda
  7. Ubah link menjadi penjualan

Nah, gimana? Kamu sudah siap buat menjadi affiliate marketer? Atau bisnis kamu butuh affiliate marketing?


Buat kamu yang punya cerita, opini, atau artikel menarik lainnya, yuk daftar dan share tulisan kamu di Bisnis Muda sekarang!