TikTok VS Snack Video: Persaingan, Kontroversi, Tapi Bikin Cuan?

TikTok & Snack Video - Image: Canva & Pinterest

TikTok & Snack Video - Image: Canva & Pinterest

Like

Siapa nih yang suka bikin konten video singkat di media sosial?

Sejak 2020, popularitas konten dalam bentuk video semakin menjadi-jadi nih, Be-emers. Platform TikTok pun menjadi perhatian dan mulai mengalihkan perhatian netizen dari media sosial lain, seperti Instagram dan Twitter.

Bahkan, berdasarkan catatan data Forbes, TikTok telah menjadi media sosial nomor satu sepanjang tahun 2020 lho, Be-emers! Platform yang berada di naungan ByteDance Ltd. itu telah menjadi media sosial paling banyak di-download di dunia pada 2020!

Berbagai konten video singkat seperti dance, tutorial, life hacks, dan sebagainya banyak diunggah di platform TikTok, terutama oleh Generasi Z nih. Kalau dilihat-lihat, enggak cuma masyarakat biasa, kalangan public figure juga ramai menggunakan TikTok.

Nah, di awal 2021, booming aplikasi serupa TikTok di Indonesia, yakni Snack Video. Pasti kamu sering lihat iklannya di mana-mana, termasuk di Youtube kan?


Popularitas Snack Video juga enggak main-main lho. Bahkan, di PlayStore, aplikasi Snack Video sudah di-download oleh lebih dari 100 juta pengguna!

Fun fact nih, baik Snake Video maupun TikTok berasal dari China lho! Namun, di China, nama aplikasi Snack Video yakni Kuaishou.

Jadi, kalau kamu cari Snack Video di sana, ya enggak bakal ada. Hehe. Sedangkan pesaingnya, yakni TikTok, juga menggunakan nama lain di China, yakni Douyin. 

Kuaishou alias Snack Video merupakan produk yang berada di bawah naungan Beijing Kuaishou Technology Co. Ltd.. Namun, untuk eksistensinya di Indonesia, Snack Video berada di bawah naungan Joyo Technology Pte. Ltd. di Singapura.

Oh iya, Kuaishou Technology ini merupakan salah satu perusahaan internet terbesar di China yang mencatatkan kesuksesannya selama 10 tahun terakhir. Bahkan, Kuaishou juga mendapat dukungan dari Tencent dan dikabarkan Bloomberg bakal melakukan Initial Public Offering (IPO) di Hong Kong.

Baca Juga: Pesaing ByteDance, Kuaishou Technology Lagi Incar Dana US$5,4 Miliar dan Bakal Jadi IPO Terbesar Setelah Uber?

Sementara itu, di tengah popularitas platform video singkat seperti TikTok dan Snack Video, keduanya juga cukup kontroversial dan, katanya sih, bisa bikin cuan lho! Hmm.. pantas banyak di-download ya.

Seperti apa sih persaingan antara TikTok VS Snack Video di ranah platform video singkat?

Lanjut ke halaman selanjutnya yuk!