Pemanfaatan Teknologi Mobile Banking untuk Solusi Masa Kini

Mobile Banking - Canva

Mobile Banking - Canva

Like

Dalam era teknologi yang semakin berkembang dan maju kini internet dan jaringan komunikasi nirkabel pun mulai mendominasi. Khususnya di Indonesia saat ini perkembangan teknologi meningkat pesat.
 
Seiring berjalan nya waktu dengan adanya pandemi COVID-19 membuat seluruh masyarakat membatasi aktifitas diluar rumah dan mengikuti aturan protokol kesehatan. Dengan adanya fitur mobile banking saat ini memudahkan masyarakat untuk ber transaksi dalam segala pembayaran.

Baca Juga: Layanan Online Banking Ini Jadi Pilihan Utama Selama Pandemi, Ini Alasannya

Bermunculan banyak aplikasi dan fitur dalam smartphone yang tentunya membuat segalanya lebih cepat dan praktis. Misalnya saja, saat harus membeli token listrik, kini Anda bisa melakukannya di sofa rumah Anda. Sebagai contoh, yakni fitur perbankan yang tentunya bertujuan untuk memudahkan transaksi nasabahnya.
 
Mobile banking diluncurkan pertama kali oleh Excelcom pada akhir 1995. Peluncuran tersebut mendapatkan respons yang beragam dari masyarakat. Kemunculan mobile banking ini dilatarbelakangi oleh keinginan bank-bank untuk mendapatkan kepercayaan penuh dari para nasabahnya.


Salah satu caranya adalah memanfaatkan teknologi. Saat itu, teknologi yang tumbuh dengan pesat harus dimanfaatkan dengan cermat dan tepat.
 
Berbagai macam teknologi memberikan terobosan-terobosan baru yang dapat digunakan oleh bank untuk meningkatkan kualitas layanan kepada nasabahnya. Dari hal tersebut, bank-bank yang ada di seluruh dunia membuat suatu inovasi baru dengan meluncurkan mobile banking.
Munculnya mobile banking itu sendiri tidak hanya berhubungan dengan bank saja, tetapi juga bekerja sama dengan operator selular. 
 
Sehingga dapat dilihat bahwa keberadaan mobile banking memberikan keuntungan kepada semua kalangan seperti bank, operator selular dan nasabah bank pengguna mobile banking. Untuk nasabah, jelas mereka tidak perlu repot pergi ke ATM untuk melakukan transaksi. Bahkan, nasabah juga bisa melakukan pengisian pulsa melalui layanan ini.

Kekurangan menggunakan mobile banking, antara lain adalah pengguna mobile banking harus memperhatikan keamanan pin atau password transaksi karena dapat ditebak dengan mudah oleh orang lain, ada beberapa bank yang terkadang  tidak mendukung smart phone yang digunakan oleh nasabah. 

Beberapa institusi finansial mengharuskan pembayaran lebih untuk layanan mobile banking, dan nasabah harus membayar biaya software. Biaya ekstra ini secara cepat bertambah, terutama ketika nasabah mengakses mobile banking dengan sering.
 
Saat ini, banyak nya fitur mobile banking terbaik, diantara nya :
  1. Mobile Banking BCA
  2. Mandiri Online
  3. Jenius BTPN
  4. BNI Mobile Banking
  5. Go Mobile CIMB Niaga
  6. Permata Mobile
  7. BriMo BRI
 
Adanya pilihan mobile banking ini memudahkan para nasabah bank untuk ber transaksi tanpa harus datang ke bank nya karena di era sekarang ini kebutuhan dapat di cukupi melalui online.
 
Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mobile banking, yaitu : 
  1. Wajib mengamankan PIN mobile banking
  2. Penggantian PIN
Bila SIM Card GSM anda hilang atau dicuri dipindah tangankan kepada pihak lain, segera diberitahukan kepada pihak bank atau segera teepon ke Call Center bank tersebut.
 
Nah setelah kita lihat ada beberapa kekurangan dan kelebihan mobile banking, Kembali lagi ke setiap kebutuhan masing-masing nasabah, apakah mobile banking mempermudah atau mempersulit serta bijak menggunakan mobile banking untuk hal yang positif.

Baca Juga: Uang di M-Banking Hilang Tiba-Tiba? Segera Lakukan Hal Ini