Social Media Baru Clubhouse, Apa yang Membuatnya Viral?

Aplikasi Clubhouse - Photo by Dmitry Mashkin on Unsplash)

Aplikasi Clubhouse - Photo by Dmitry Mashkin on Unsplash)

Like

Banyaknya social media yang sudah ada seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya, ternyata masih belum cukup bagi beberapa orang. Akhir-akhir ini muncul aplikasi media sosial baru yang tengah viral.

Banyak orang hingga influencer dan artis yang kemudian mencoba aplikasi tersebut sampai menjadi trending topic di Twitter. Clubhouse, merupakan aplikasi sosial media baru yang memanfaatkan audio untuk berinteraksi.

Lalu bagaimana cara kerja aplikasi ini hingga ramai diperbincangkan?

Aplikasi ini pada awalnya bisa ramai setelah digunakan oleh Elon Musk, dan kemudian banyak influencer yang mencoba aplikasi tersebut. 

Aplikasi ini hanya memanfaatkan fitur audio untuk berinteraksi. Disana kita dapat membuat room atau ruang untuk membahas dan berdiskusi suatu topik. Room tersebut terbuka bebas dan siapa saja dapat bergabung.


Dalam satu room akan ada beberapa speakers yang mendapat hak untuk berbicara yang dipilih oleh moderator room tersebut. Tidak perlu khawatir ada gangguan suara saat diskusi dimulai karena yang bisa menyalakan mic hanya orang orang yang dipilih moderator.

Baca Juga: Viral di Medsos, Apa Sih Clubhouse Itu?

Aplikasi ini mirip podcast yang mambahas satu topik dan tema namun obrolannya spontan, langsung dan tidak dapat diulang. Untuk bisa bergabung di aplikasi tersebut, anda harus memiliki undangan dari teman anda yang memiliki akun Clubhouse.

Namun, undangan tersebut sangat terbatas, setiap akun hanya bisa mengirim 2 sampai 6 undangan. Saat ini, aplikasi clubhouse hanya tersedia di Apple dan belum tersedia di Android.

Clubhouse semakin ramai di indonesia setelah banyak influencer dan artis seperti Arief Muhammad, Jerome Polin, Kaesang Pangarep, Isyana Sarasvati, Rachel Vennya dan masih banyak lagi yang bergabung dalam satu room. Room tersebut berhasil tembus 7 juta audience untuk pertama kalinya. 

Banyak hal yang dibahas di Clubhouse. Setiap room membahas topik yang berbeda. Kita bebas bergabung ke room manapun yang kita mau.

Bukan hanya room yang ada di indonesia, namun juga dari mancanegara yang membahas topik yang berbeda beda tiap room-nya. Topik yang dibahas mulai dari bisnis, pengalaman, candaan, belajar, cerita horror hingga cari jodoh. Tidak ada batasan waktu berapa lama diskusi tersebut berlangsung.

Bukan hanya diskusi, ada room yang dibuat bukan untuk diskusi, justru untuk saling diam dan tidak ada yang berbicara satu orangpun. Room seperti itu disebut silent room.

Silent room di clubhouse dibuat biasanya untuk berkenalan dan saling follow dengan orang lain. Kita bisa bergabung di room tersebut kemudian klik profile audience lain untuk di-follow. Room tersebut biasanya dijadikan ajang menambah teman dan mencari jodoh. 

Clubhouse ini cocok untuk menemani anda beraktivitas. Itulah hal apa saja yang terjadi di media sosial Clubhouse.

Apakah menurut anda clubhouse bisa menjadi sosial media selanjutnya?

Baca Juga: 
Ramai Aplikasi Clubhouse, Hati-Hati Ada yang Palsu!