Startup Online Travel (OTA) Dinilai Bakal Cepat Pulih, Ini Pemicunya

Travel - Canva

Travel - Canva

Like

Sudah bukan rahasia lagi kalau pandemi telah menekan sektor pariwisata dan perjalanan. Alhasil, kinerja startup berbasis Online Travel Agency (OTA) pun terkena imbasnya.

Meski begitu, tahun 2021 ini jadi peluang bagi industri perjalanan, terutama startup OTA lho, Be-emers. Hal itu terjadi seiring dengan penanganan Covid-19 yang dinilai cenderung membaik dari tahun sebelumnya.

Kalau menurut Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda, dikutip dari Bisnis, sebenarnya masih ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi pemulihan sektor OTA.

Baca Juga: Meski Masih Pandemi, Startup Travel Ini Tetap Kebanjiran Pesanan Tiket & Hotel
 

Tren Staycation

Enggak bisa dipungkiri, tren liburan dekat rumah atau menghabiskan waktu di penginapan (staycation) jadi salah satu faktor pemicu pulihnya sektor startup OTA nih, Be-emers.

Huda pun mengamini kalau tren staycation masih jadi andalan para pemain atau startup di sektor perjalanan dan pariwisata. Meski begitu, ia menilai, tren tersebut enggak lebih dari menjaga menjaga minat berwisata masyarakat


Alhasil, tren staycation enggak bisa jadi penyelamat jangka panjang bagi pemasukan startup OTA. Selain itu, tren tersebut juga dinilai enggak akan bisa menopang keseluruhan bisnisnya.

Baca Juga: Ini Sejumlah Rintangan yang Harus Dilalui Traveler dan Pelaku Bisnis Wisata Tahun 2021

Di satu sisi, tren staycation diprediksi akan tetap berlanjut di 2021. Namun, bagi Huda, pertumbuhannya bakal sedikit melambat.

Sementara itu, kalau menurut Bendahara Asosiasi Modal Ventura Seluruh Indonesia (Amvesindo) Edward Ismawan Chamdani sih, tren staycation dan program vaksinasi bakal membawa startup OTA mendekati momentum pemulihan yang diprediksi terjadi pada pertengahan 2021.

Selain itu, Edward juga menilai startup OTA bakal jadi lebih siap mematangkan strategi pada tahun ini.

Kira-kira masih ada alternatif peluang apa lagi ya di sektor pariwisata dan perjalanan di tengah pandemi yang belum usai ini, Be-emers?