Prince Harry & Meghan Markle Trending, Ini Fakta Menarik Kerajaan Inggris di Serial Netflix The Crown

Like

The Crown - Pinterest

Edward VIII dalam Serial The Crown - Pinterest

 

Kehilangan Hak Kerajaan, Termasuk Soal Keuangan

Kontroversi di keluarga Kerajaan Inggris kemudian berlanjut di tahun 2021. Tepatnya pada 19 Februari 2021, dari catatan BBC, pihak Istana Buckingham telah memastikan kalau Harry dan Meghan enggak bakal kembali sebagai anggota aktif Royal Family.

Enggak cukup sampai di situ. Hak-hak mereka juga dicopot lho, termasuk dalam hal keuangan.

Harry mengungkapkan, keluarganya memang telah memutusnya secara keuangan nih, Be-emers. Waduh!

Jika melihat ke belakang, King Edward VIII juga mengalami hal yang mirip dengan Pangeran Harry. Edward yang saat itu telah turun tahta menjadi Duke of Windsor, dari catatan Ziegler, pemerintah menolak buat memasukan nama Edward beserta istrinya ke dalam catatan sipil.

Alih-alih, sang adik yang notabene sudah naik tahta menjadi raja, memberikan tunjangan untuk Duke of Windsor secara pribadi. Namun, nominalnya disembunyikan oleh keduanya.


King George VI juga memberikan uang kepada Edward atas Sandringham House yang merupakan warisan properti dari sang ayah. Selain itu, kekayaan Edward pun berasal dari Duchy of Cornwall.

Namun, gara-gara Edward terus memaksa pihak kerajaan untuk memberikan gelar kepada istrinya, pihak Kerajaan Inggris pun akhirnya bersitegang dengannya hingga beberapa dekade lho! Hal itu juga bikin George VI mengancam akan memotong tunjangan Edward, seandainya ia kembali ke Inggris tanpa undangan.

Dalam serial The Crown, Edward kembali ke Inggris saat King George VI meninggal dunia. Meski dalam suasana berkabung, Edward justru berkata,

“...Betapa sulitnya kutahan diriku untuk tidak mencaci makinya. Tapi aku tetap sopan karena mengikuti saranmu. Apa yang bisa kita dapat dari “sirkus” kacau ini? Mungkin kenaikan tunjangan?,”

 

Enggak Cuma Meghan Markle, Queen Elizabeth II dan Princess Diana Juga Tertekan di Kerajaan

Menjadi putri atau ratu dalam kerajaan mungkin kelihatannya indah dan menyenangkan seperti cerita dongeng. Jangan salah, kamu justru harus “tahan banting” lho, Be-emers!

Meghan Markle, Duchess of Sussex, mengatakan pada Oprah bahwa dirinya merasa sangat sulit hidup bersama keluarga kerajaan Inggris. Bahkan, ia sempat berpikir untuk mengakhiri hidupnya!

Hidup dalam istana tentu saja penuh dengan aturan yang sangat ketat. Belum lagi, ada norma-norma khusus dan budaya yang cukup “mengekang”.

Selama ini, mungkin sosok Princess Diana paling mendapat sorotan karena mengalami tekanan-tekanan dari Royal Family. Sama seperti Meghan, Diana juga sempat dikabarkan ingin mengakhiri hidupnya.

 

Quenn Elizabeth dalam Serial The Crown - Pinterest

Quenn Elizabeth dalam Serial The Crown - Pinterest


Di satu sisi, Queen Elizabeth II sendiri juga pernah merasakan tekanan yang mirip dengan Meghan dan Diana. Dalam serial Netflix The Crown, Elizabeth yang merupakan seorang istri dan ibu, juga ingin hidupnya normal dan bahagia seperti wanita pada umumnya.

Saat menjamu makan siang pamannya, Edward VIII, Elizabeth mengungkapkan rasa kecewanya karena harus mengemban tugas sebagai ratu, menggantikan ayahnya dalam memimpin Britania Raya.

“Hidup sederhana. Tidakkah kau berpikir aku ingin tumbuh besar jauh dari sorotan? Sebagai seorang istri dan ibu, seorang wanita Inggris biasa,”


Elizabeth II pun harus melihat kekecewaan suaminya, Prince Philip (Duke of Edinburgh), yang harus kehilangan “pekerjaannya” di angkatan laut dan enggak bisa mencantumkan nama marga “Mountbatten” kepada keluarga kecilnya itu saat Elizabeth II menjadi ratu.

 

Philip dan Elizabeth II dalam Serial The Crown - Pinterest

Philip dan Elizabeth II dalam Serial The Crown - Pinterest



Bahkan, sejak awal pernikahan mereka, Philip sudah kehilangan statusnya sebagai Pangeran Yunani dan Denmark. Meski begitu, Ratu Elizabeth II kemudian menjadikan Philip sebagai Pangeran Britania Raya di tahun 1959.

“Pernikahan dan keluarga macam apa ini?”
-Duke of Edinburgh, The Crown.


Wah, dengan adanya kontroversi, aturan, dan sorotan, kamu masih bermimpi untuk jadi putri atau anggota kerajaan gitu enggak, Be-emers?




Buat kamu yang punya cerita, opini, atau artikel menarik lainnya, yuk daftar dan share tulisan kamu di Bisnis Muda sekarang!