Memperoleh Penghasilan dari Trading Saham Syariah

trading saham syariah

trading saham syariah

Like

Helo sobat cuan ! Kembali lagi bersama saya Syauqi Aidil Rahman.

Kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana mendapatkan sebuah keuntungan atau cuan dalam sebuah saham dengan memperolehnya secara jangka pendek. Wah, sepertinya hal ini menarik yah untuk disimak?

Namun, apakah sobat cuan sudah tau apa itu trading saham? hehehe.. Kalau belum, mari disimak penjelasannya sebagai berikut .

Trading saham adalah suatu kegiatan jual atau beli saham untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga pembelian awal terhadap harga penjualan terakhir (capital gain).

Sederhananya seperti ini sobat cuan, keuntungan trading saham didapat jika nilai jual terakhir lebih tinggi dari harga awal.


Dengan perumpamaan misalnya, sobat cuan membeli sebuah barang atau menjadi reseller, kemudian sobat cuan menjualnya kembali dengan harga yang berbeda dari harga sebelumnya untuk mengambil keuntungan sedikit naah seperti itu trading saham selisih antara harga jual dan beli.

Kemudian saya akan mencoba mengulas sedikit apa yang harus dipersiapkan untuk memulai melakukan trading saham, terutama nantinya akan ada pembahasan sedikit mengenai trading saham halal atau tidaknya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam trading saham yaitu :
  • Membuka rekening saham
    Hal ini kunci pertama sebelum memulai untuk trading saham.
  • Penyetoran dana
    Dalam sebuah usaha atau untuk memperoleh keuntungan modal juga diperlukan.
  • Mulai berinvestasi / trading
    Tanpa adanya kemauan dan tekat semua itu akan sia-sia .
  • Analisa yang tepat
    Saham bisa dijadikan suatu instrumen untuk memperoleh penghasilan apabila kita bisa menganalisanya tidak asal beli.

Terus , apakah trading saham itu halal ?

Trading saham itu halal karena sama seperti jual beli di pasar, yang mana ada penjual dan pembeli.

Ketika adanya permintaan dan penawaran yang tinggi dari konsumen, harga suatu barang akan naik. Sedangkan, ketika permintaan dan penawarannya rendah maka harga nya akan turun sama seperti saham naik turunnya dipengaruhi oleh volume pembelian dan penjualan.

Kemudian bagaimana agar kita enggak ragu untuk trading saham?

Agar kita tidak ragu dalam trading saham, pilihlah saham yang berkategori syariah, perusahaannya jelas atau tidak gharar, instrumen sektornya halal dan jangan menggunakan margin trading (meminjam rdn ke sekuritas dengan adanya bunga).Hal yang dilarang selain itu dalam trading sebaiknya jangan jual kosong atau short selling karena ini dilarang dalam syariat .



Terima kasih sobat cuan! semoga kita bisa ketemu dilain waktu dengan pembahasan yang lebih menarik. Have nice day :)