Dari Mana Aja Penghasilan Seorang Content Creator?

sumber : unsplash

sumber : unsplash

Di era serba internet ini, banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet terutama media sosial. Banyak anak muda jaman sekarang yang berambisi dan bercita cita menjadi influencer atau content creator.

Banyak juga yang berlomba lomba membuat konten yang menarik dan memperbanyak followers agar bisa menjadi influencer atau content creator.

Dengan menjadi content creator terkenal, dianggap bisa mendapatkan banyak uang dengan mudah. Namun, menjadi content creator harus kreatif, up to date dengan tren yang sedang ada, dan menghasilkan konten atau karya yang berkualitas.

Memangnya bagaimana sih influencer dan content creator dapat penghasilan dari sosial media?

Baca Juga: Yuk Ketahui Apa Itu Content Creator dan Tips Suksesnya

Berikut cara content creator dapat penghasilan dari sosial media.

1. Endorse dan paid promote
Endorse merupakan penghasilan yang mereka dapatkan dari me-review suatu produk. Biasanya mereka akan dikirimkan produk untuk di review dan dipromosikan di sosial media.

Perusahaan biasanya akan memperhatikan Influencer atau content creator yang kreatif, konten dan pasarnya cocok dengan target pasar produknya. 

2. Adsense
Adsense adalah program layanan iklan dari Google kontennya berupa teks, gambar, video atau media interaktif yang ditargetkan ke konten situs dan audiens. Biasanya, iklan tersebut nanti akan di tampilkan di content sosial media influencer dan content creator.

Cara kerja Google AdSense adalah dengan membayar setiap ada tindakan klik pada iklan dari pengunjung website, semakin banyak klik berarti akan semakin besar pula pendapatan AdSense.

3. Event attendant
Biasanya suatu perusahaan atau produk akan mengundang content creator untuk menghadiri event, entah event produk, grand opening, dan lain lain. Di event tersebut, biasanya mereka diminta juga untuk mengunggah kehadiran mereka  dengan tujuan promosi atau brand awareness

Bukan hanya event, mereka juga bisa diundang untuk datang ke tempat wisata atau hotel dengan tujuan promosi pula. Jadi mereka gratis masuk tempat wisata atau menginap dihotel dan dapat bayaran juga loh. Enak sekali ya.

4. Merchandise
Dengan pengikut yang banyak dan loyal, mereka bisa menjual merchendise untuk pengikutnya. Souvenir yang dijual tersebut bisa berupa apa saja seperti pakaian, mainan, atau barang barang unik lainnya yang membawa ciri khas influencer dan content creator tersebut.

Beberapa influencer yang mengeluarkan merchandise adalah aMrazing dan ACE family dari US berupa kaos atau jaket, dan Jojo Siwa yang merchandise nya berupa mainan, alat tulis dan aksesoris.

5. Pembicara 
Dengan pengalaman dan keahlian tertentu, content creator bisa diundang untuk jadi pembicara event atau seminar sesuai bidangnya. Untuk jadi pembicara di event atau seminar, mereka biasanya akan berbagi pandangan, atau pengalaman untuk acara tersebut.

Content creator atau influencer juga punya rate card nya sendiri untuk jadi pembicara. Kebanyakan mereka memasang harga perjam dengan harga bervariasi tergantung influencer atau content creatornya.

Itu dia beberapa sumber penghasilan content creator dan influencer yang paling banyak menghasilkan uang. 

Tertarik untuk menjadi content creator?

Baca Juga: 
10 Cara Membuat Konten yang Menarik di Instagram