10 Cara Membuat Konten yang Menarik di Instagram

Cara membuat konten yang menarik di Instagram (Sumber: Pixabay.com)

Cara membuat konten yang menarik di Instagram (Sumber: Pixabay.com)


Sudah menjadi kabar umum, bahwa instagram merupakan salah satu media sosial yang kini sedang hype di berbagai kalangan. Tak hanya berguna untuk meng-update status maupun gambar biasa saja, kini instagram telah banyak dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis.

Dilansir dari Jagoan Hosting mengatakan bahwa konten postingan yang menarik akan membuat target pelanggan mau merekomendasikan produk kamu kepada teman yang lain.

Banyak sekali pebisnis online yang beralih ke instagram guna mempromosikan barangnya melalui berbagai feed di dalamnya. Mereka menganggap feed tersebut layaknya sebuah etalase sebuah toko. Lantas bagaimana cara membuat konten yang menarik di instagram untuk menggaet perhatian calon pembeli?


1. Membuat Postingan yang Sesuai dengan Target Pelanggan

Tatkala akan menjajakan sebuah produk atau jasa tertentu melalui instagram, ada baiknya bila kamu memposting gambar yang mampu menarik perhatian target pelanggan. Pada konten yang berupa teks pula dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan identitas dari sebuah merek yang kamu upload tersebut.

Baca juga: Strategi Giveaway Instagram untuk Naikin Followers, Apakah Customernya Ideal?


2. Memanfaatkan Kapasitas Karakter, Fitur Emoji dan Hashtag dengan Maksimal

Apabila kamu telah menentukan target pelanggan yang akan kamu tuju, maka selanjutnya yaitu memanfaatkan kapasitas karakter, fitur emoji, serta hashtag dengan maksimal. Maksudnya kamu bisa menyesuaikan berbagai hal tersebut dengan target pelanggan yang telah kamu tentukan.


3. Mengidentifikasi Merek atau Brand

Cara membuat konten yang menarik di instagram selanjutnya yaitu mengidentifikasi merek atau brand. Merek merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis online. Pasalnya, brand bisa digunakan sebagai suatu identitas yang melekat pada barang ataupun jasa yang sedang kamu tawarkan. Untuk itu kamu wajib melakukan riset pasar.



4. Mempertimbangkan Jumlah Karakter yang Digunakan Setiap Caption

Pastinya kamu ingin menampilkan semua informasi yang terkait dengan barang atau jasa yang kamu tawarkan melalui caption. Sebenarnya hal ini sah sah saja dilakukan, namun perlu diingat bahwa caption yang panjang akan membuat pembaca merasa bosan ketika membacanya.


5. Memposisikan Informasi yang Paling Penting di Awal Caption

Ketika kamu memposting foto dengan caption yang sedikit lebih panjang, maka satu kalimat di awal akan muncul terlebih dahulu. Hal ini bisa kamu manfaatkan dengan membuat caption semenarik mungkin di awal kalimat. Kamu bisa menuliskan satu kalimat yang menggambarkan produk atau tips atau yang lainnya.


6. Mengedit dan Menulis Lagi

Menulis sebuah caption dalam cara membuat konten yang menarik di instagram memerlukan kepercayaan diri yang penuh. Kamu bisa menulisnya di draft terlebih dahulu, kemudian edit dan tulis lagi jika perlu. Bila terdapat kalimat atau kata yang dianggap tidak perlu, kamu bisa merangkainya menjadi seefektif mungkin.


7. Menggunakan Hashtag

Pasti banyak yang sudah mengetahui mengenai hashtag, bukan? Menurut sebuah penelitian membuktikan bahwa dalam postingan yang terdapat hashtag akan meningkat sebesar 12,6 persen dibandingkan mereka yang tidak menggunakannya. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan hal satu ini guna meningkatkan trafik produkmu.


8. Membuat Pertanyaan Untuk Target Pelanggan

Sesekali cobalah memberikan sebuah pertanyaan untuk calon pelanggan kamu, melalui sebuah konten. Kamu bisa melibatkan mereka dengan membangun interaksi melalui pertanyaan yang kamu lontarkan melalui konten. Jika perlu kamu bisa memberikan hadiah bagi pelanggan yang bisa menjawab pertanyaanmu.


9. Mention Seseorang pada Postingan Produk

Apabila kamu memiliki akun jualan lainnya di instagram, maka kamu bisa menyebutkannya dalam caption ataupun konten yang kamu upload. Atau kamu juga bisa mention beberapa calon pelanggan, agar mereka merasa diperhatikan.


10. Mengajak Pelanggan Untuk Lebih Terlibat

Cara membuat konten yang menarik di Instagram satu ini bisa dilakukan dengan melibatkan pelanggan di setiap postingan yang kamu unggah. Misalnya saja meminta mereka untuk meninggalkan komentar ataupun mengajak mereka dengan meninggalkan tag.

Memulai bisnis memanglah tidak mudah seperti yang dibayangkan. Namun kamu bisa mengatasinya dengan mencoba segala hal, salah satunya promosi melalui media sosial Instagram ini. Dengan membuat konten yang menarik serta unik, tentunya akan meningkatkan trafik penjualan di Instagram.

Baca juga: Freelancer Zone: Income Hingga Perbedaan Content writer dan Copywriter