Ini Inspirasi Packaging Inovatif untuk Online Shop

sumber: Google

sumber: Google

Like

Semakin menjamurnya online shop, semakin ketat juga persaingan bisnisnya. Keunikan produk dijunjung tinggi agar brand bisa menjadi lebih unggul dibanding produk dari online shop lain.

Salah satu keunikan yang mencolok adalah dari packaging atau bentuk kemasan produk. Kemasan dapat membuat produk terlihat lebih menarik dan menambah nilai jual suatu produk.

Kemasan produk merupakan salah satu unsur penting karena termasuk salah satu identitas brand dan merepresentasikan kepribadian brand. Bentuk, gambar, warna hingga bahan kemasan perlu diperhatikan agar sesuai dengan konsep online shop.

Kemasan yang unik dapat memberikan sensasi tersendiri bagi pembeli saat pertama membuka paket. Soalnya, packaging adalah hal yang paling pertama dilihat dan diperhatikan setelah paket diterima dari kurir.  

Semakin berkembangnya inovasi dan kreativitas orang orang dalam berbisnis, jangan sampai online shop mu kalah saing. Ini inspirasi packaging yang unik untuk online shop kamu.
 

1. Pouch Blacu

Pouch blacu. sumber: Google

Pouch blacu. sumber: Google

Bentuk packaging ini tersedia dalam banyak ukuran sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan ukuran produk. Pouch blacu seperti ini bisa kita custom dan desain sendiri sehingga kamu bisa mendesain dengan logo sendiri.


Packaging dengan bahan seperti ini juga bisa digunakan kembali, jadi serasa bonus untuk konsumen kamu. Selain itu, pouch yang bisa digunakan kembali dan dibawa kemanapun seperti itu bisa sekalian jadi alat promosi. 

Pouch custom sekarang sudah dengan mudah didapatkan di berbagai e-commerce biasanya dengan minimal pembelian. Cocok untuk produk parfum, skincare, aksesoris dan masih banyak lagi.

 

2. Besek

Besek modern. sumber: google

Besek modern. sumber: google


Jangan memandang rendah bentuk packaging ini dulu ya. Jauh dari kata kampungan, packaging tradisional seperti ini justru bisa jadi inovasi dan unik untuk produk online shop. Dengan nuansa tradisional dan alami, packaging unik ini menjadi ketertarikan sendiri bagi konsumen.

Bahkan, besek modern seperti ini bisa jadi packaging untuk hampers dan souvenir. Kamu bisa menambahkan aksesoris lain seperti alas daun pisang, kartu ucapan atau stiker logo brand online shop. 

Baca JugaKantong Plastik Dilarang, Bisnis dengan Kemasan Besek Bisa Jadi Solusi

Tidak perlu khawatir, packaging besek tersedia di berbagai e-commerce dengan berbagai ukuran. Besek cocok untuk produk dengan konsep tradisional atau produk seperti makanan tradisional maupun modern. Harga kemasan besek juga termasuk terjangkau. 
 

3. Zip Lock

sumber: pinterest

sumber: pinterest

Tidak kalah hitsnya, sekarang kemasan zip lock hadir dalam berbagai macam bentuk. Kemasan zip lock ini dijamin aman jika produk kamu berbentuk bubuk seperti bumbu dapur, glitter, atau masker organik.

Keunikan kemasan berbentuk lucu ini juga bisa menjadi daya pikat konsumen. Mengirim produk yang dikemas dalam zip lock juga aman karna anti pecah dan anti tumpah. 

Kekurangan packaging ini mungkin untuk mengirim produk dengan kemasan ini, perlu box atau amplop tambahan agar produk benar benar aman.

Namun, konsumen dapat membuka produk dan menutupnya kembali dan mudah disimpan dimana saja. Jadi, jika produk hanya digunakan sedikit jadi tidak perlu dipindahkan ke wadah lain.

 

4. Dus Custom

Sumber: Google

Sumber: Google


Dus custom menjadi packaging favorit banyak online shop kecil di jaman sekarang. Agar packaging online shop kamu terlihat lebih elegan dan terkesan mahal, kamu bisa menambahkan stiker dengan desain logo brandmu sendiri.

Selain itu, untuk menambah keunikan dan sensasi menyenangkan untuk konsumen, kamu bisa menambahkan stiker stiker lucu, kartu ucapan terimakasih, permen, ditambah pewangi untuk paketmu. 

Dus custom sekarang lebih mudah didapatkan dan aman untuk mengirimkan paket. Packaging bentuk ini cocok untuk produk jenis apapun mulai dari pakaian, makanan, skincare dan aksesoris. 

Itu dia inspirasi packaging unik agar bisnismu memiliki identitas yang kuat dan beda daripada yang lain.

Semoga inspirasi di atas dapat dikembangkan dan berguna untuk bisnis teman teman semua. Untuk kamu yang sedang merintis bisnis tentunya harus selalu ditekuni dengan giat dan tidak boleh setengah hati ya.