Viral Duel Dewa Kipas, Apa Aja Manfaat Bermain Catur?

Chess -  Canva

Chess - Canva

Like

Nama Dewa Kipas mendadak viral nih usai pertandingannya melawan Wioman Grand Master Irene di Youtube Deddy Corbuzier. Enggak hanya itu, permainan catur pun juga mendadak populer lagi deh.

Sayangnya, Dewa Kipas atau yang bernama asli Dadang Subur harus kalah dari Irene setelah melakukan blunder, yang notabene sering dimanfaatkan oleh Irene Sukandar.

Kamu ikutan nonton siaran langsungnya enggak nih, Be-emers?

 

Dewa Kipas VS Irene - Image: Youtube

Dewa Kipas VS Irene - Image: Youtube



Kalau kamu nonton, kamu pasti bisa membayangkan, betapa rumitnya bermain di atas bidang catur. Di satu sisi, permainan catur ini punya banyak manfaat lho.


Dikutip dari Bisnis, ini sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bermain catur.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Jantung, Berikut Olahraga yang Bisa Kamu Coba

 

Baik untuk Otak

Yang paling pertama, bermain catur itu baik banget untuk otak kamu karena efeknya yang secara langsung. Selama kamu bermain catur, otak kamu akan dipaksa untuk berpikir keras.

Dengan begitu, otak kamu akan terbiasa dipacu. Sehingga, kamu juga bisa meningkatkan kreativitas otak lho!

Enggak heran, permainan catur itu juga bagus untuk perkembangan otak anak maupun remaja, yang notabene sedang dalam masa pertumbuhan,

Dari penelitian di Jerman, para pemain catur diminta untuk mengidentifikasi posisi bidak catur dalam posisi geometris. Hasilnya, permainan catur bisa melatih kedua sisi otak menjadi aktif.
 

Meningkatkan IQ

Penelitian ilmiah di Venezuela yang melibatkan 4.000 responden menyebutkan, setelah empat bulan bermain catur ditemukan adanya peningkatan IQ pada mereka lho!

Berdasarkan penelitian, pemain catur juga punya memori auditori atau kemampuan mengingat melalui pendengaran, yang lebih baik ketimbang non-pemain catur lho!

Soalnya, permainan catur sendiri memang mengandalkan daya ingat serta hafalan beragam variasi langkah.
 

Mencegah Pikun dan Menenangkan Diri

Bermain catur dapat mencegah kemungkinan seseorang terkena penyakit pikun karena bisa mengoptimalkan daya ingat otak nih, Be-emers. Kamu pun bisa mencegah penyakit Alzheimer.

Bahkan, permainan catur juga bisa membantu menenangkan perilaku overaktivitas pada anak dengan gangguan seperti autisme. Soalnya, catur bisa membantu meningkatkan fokus pada otak.

Saat bermain, pemain catur harus fokus dengan teknik permainannya dan mengantisipasi serangan lawan, melalui permainan catur. Fokus pun bisa dilatih dengan lebih dalam dan tenang pada langkah-langkah yang harus dilakukan.

Di satu sisi, secara psikologis, bermain catur bisa membantu kamu membaca persepsi dan perspektif lawan main. Dalam bermain catur, kamu secara enggak sadar dipaksa untuk membuat perkiraan langkah mana yang akan diambil oleh lawan untuk merespons langkah mereka.


Nah, olahraga atau permainan apa lagi nih yang bermanfaat untuk melatih otak kamu?