Jaga Kesehatan Jantung, Berikut Olahraga yang Bisa Kamu Coba

Sport - Canva

Sport - Canva

Like

Jantung adalah salah satu bagian terpenting dalam tubuh kita. Seringkali, gaya hidup yang kurang sehat, bikin kondisi jantung kita kurang perhatian nih.

Sebenarnya, dengan berolahraga, kamu sudah mulai melakukan langkah yang tepat untuk menjaga jantung kamu lho, Be-emers!

Meski begitu, olahraga yang dilakukan enggak bisa sembarangan nih. Kalau kamu asal-asalan dalam berolahraga, tentunya hal itu bisa berdampak kurang baik terhadap fisik.

Baca Juga: Mau Olahraga saat PSBB Transisi? Perhatikan Dulu Hal Berikut

Menurut Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto, dilansir dari Bisnis, sebenarnya, olahraga yang tepat untuk kesehatan jantung bilamana kita menurunkan berat badan, membakar kalori, dan juga lemak di dalam tubuh.


Misalnya, kamu bisa melakukan olahraga seperti:
  • Aerobik
  • Jalan cepat, jogging bukan lari sprint, dan
  • Bukan latihan beban

Selain itu, Michael juga mengatakan kalau waktu maksimal untuk olahraga guna menjaga kesehatan jantung yakni dengan punya intensitas dari ringan hingga sedang, frekuensi 3-5 kali seminggu, dan durasi 150 menit per minggu.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk makan terlebih dahulu sebelum olahraga. Soalnya, dengan berolahraga, sama artinya kamu sedang membakar lemak

Nah, dari mana kamu tahu kalau olahraga yang dilakukan bisa berhasil untuk menjaga kesehatan jantung?

Jadi, hal itu bisa kita lihat dari kondisi tensi darah lho! Kalau berhasil, tensi darah yang sebelumnya tinggi menjadi stabil.

Atau kalau sebelumnya kolesterolnya tinggi, bisa menjadi terkontrol. Begitu pula dengan gula darah, yang parameternya terlihat membaik.

Baca Juga: Jadi Tren saat Pandemi, Kenali Dulu Manfaat Golf