Biar Ramadhan Kamu Makin Berkah, Ini Caranya Biar Enggak Boros

Bisnis Muda
Like

Enggak jarang, Bulan Ramadhan malah bisa bikin pola konsumsi orang jadi ikut berubah. Dari mulai belanja keperluan puasa, lapar mata lihat takjil dan diskon dimana-mana, sampai sibuk ikutan bukber (buka puasa bareng) teman-teman dari segala penjuru grup WhatsApp yang kamu ikuti.

Duh, pusing deh! Bukannya fokus ibadah, malah jadi makin konsumtif nih. Makanya, biar puasa dan rezeki kamu di bulan Ramadhan makin berkah, gini nih caranya biar kamu enggak boros.

Bikin Prioritas & Estimasi
Kalau cenderung konsumtif, kita kadang suka enggak sadar kalau ternyata bakal ada berbagai keperluan tak terduga yang malah bikin bengkak pengeluaran. Nah, buat mencegah hal itu, seorang pakar Konsultan Keuangan Farah Dini menyarankan buat membuat skala prioritas.

“Untuk pengeluaran (bulan) Ramadhan, prioritaskan kewajiban kita dulu,” kata pakar yang juga penulis buku Financial Check Up for Ladies itu, dikutip dari Bisnis.com, Hal-hal yang wajib itu misalnya kayak zakat, biaya kebutuhan pokok, dan tagihan bulanan.

Jangan lupa, bikin estimasi pengeluaran dan kebutuhan kita selama bulan Ramadhan. Kalau kata perencana keuangan Pandji Harsanto, buat alternatif, kamu juga bisa nih bikin daftar menu selama bulan Ramadhan , Nah, dari situ, kamu jadi bisa perkirakan kira-kira berapa besar pengeluarannya.


Batasi Pengeluaran Konsumtif
Bukannya enggak mau menjalin silaturahmi, tapi sesekali kita mesti cermat juga nih kalau mau berbuka puasa bersama. Gitu juga kalau pesan menu buka puasa alias takjil di rumah. Kalau dituruti semua sesuai keinginan, wah bisa-bisa kamu bakal cepet bangkrut!.

Oh iya, pemakaian kartu kredit juga kayaknya harus dibatasi buat pengeluaran yang sifatnya konsumtif. Estimasi biaya yang tadi kamu bikin, bakal mencegah pembengkakan tagihan kartu kredit.

Walaupun secara teknis kamu sudah membatasi atau bahkan mengurangi, menghilangkan kebiasaan konsumtif itu sendiri juga enggak kalah penting. Puasa enggak cuma menahan lapar dan haus lho, tapi juga menahan buat enggak konsumtif lihat diskon sana-sini di Bulan Ramadhan.

Pisahkan Gaji & THR
Ciyee dapat THR. Pasti beberapa hari atau bahkan minggu sebelumnya kamu sudah kebayang-bayang mau beli apa pakai Tunjangan Hari Raya (THR), ya kan?

Buat mencegah pemborosan dini sebelum lebaran, Pandji menyarankan, sebaiknya dana gaji lebih diutamakan terlebih dulu buat menopang kebutuhan Ramadhan.

Gitu juga THR, harus digunakan dengan bijak! THR bisa kamu gunakan untuk keperluan menjelang hari raya Idul Fitri, dimana tingkat pengeluaran biasanya akan jauh lebih tinggi. Walaupun begitu, kalau bisa sih, sisakan THR buat ditabung juga ya.