Daftar Aplikasi Pendukung UMKM yang Dapat Meningkatkan Produktifitas Bisnis

Aplikasi pendukung UMKM (Sumber: Liputan6)

Aplikasi pendukung UMKM (Sumber: Liputan6)

 Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan faktor penting yang memengaruhi perekonomian di Indonesia. Pemerintah pun saat ini mulai memperhatikan baik-baik UMKM Indonesia, salah satunya yaitu melalui Kementrian BUMN.

Perkembangan dunia digital, membuat banyak aplikasi baru yang bermunculan dan sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM. Tidak hanya dituntut untuk kerja keras, seharusnya Anda juga memikirkan bagaimana bekerja cerdas.

Agar bisnis Anda semakin efektif daripada sebelumnya, melansir dari Pondband berikut beberapa aplikasi Android dan iPhone yang bermanfaat untuk membantu UMKM yang sedang Anda jalani.

Baca Juga: Mengenal Pentingnya UI dan UX Pada Aplikasi Bisnis
 

Media Sosial

Bukan rahasia lagi jika media sosial merupakan aplikasi pertama yang wajib dimiliki oleh para pelaku UMKM. Pasalnya, perkembangan media sosial di Indonesia sangatlah pesat.

Dibalik itu, saat ini banyak media sosial yang telah mengupdate fiturnya untuk membantu penjualan para pebisinis online. Seperti Facebook marketplace, Instagram shopping, Whatsapp Business, dan yang lainnya.

Dengan fitur-fitur tersebut, tentunya Anda bisa memasarkan produk secara luas. Terlebih terdapat fitur grup dan fanspage pada aplikasi Facebook.

Jika Anda memiliki uang lebih, Anda dapat beriklan melalui Facebook Ads yang nantinya akan disebar luaskan dengan target audiens yang Anda tentukan.

Baca Juga: 10 Trik Bikin Video Tik Tok Jadi Viral
 

Canva

Kegiatan promosi tidak akan menarik jika tidak disertakan dengan gambar. Anda dapat membuat desain banner promosi melalui aplikasi Canva.

Canva merupakan aplikasi desain yang sudah menyediakan cukup banyak sekali bahan yang siap dijadikan sebuah gambar sesuai kebutuhan kita.

Pada aplikasi ini juga sudah tersedia berbagai macam ukuran gambar yang dapat kita gunakan sesuai selera.
 

Google Drive

Pada era serba teknologi saat ini, bisa dikatakan sudah bukan jamannya untuk menyimpan file pada USB. Saat ini, terdapat penyimpanan cloud yang jauh lebih praktis untuk digunakan, dan tidak perlu membawa barang fisik kesana kemari.

Ialah Google Drive, yang merupakan aplikasi penyimpanan cloud yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Semua file UMKM yang penting bisa Anda simpan pada Google Drive. Tentunya, dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi akan kerusakan atau kehilangan USB.
 

Trello

Mungkin sebagian besar dari Anda masih kurang familiar dengan aplikasi ini. Trello merupakan salah satu aplikasi yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan efektivitas kinerja.

Aplikasi ini layaknya catatan to-do-list namun dengan fitur yang lebih lengkap untuk kolaborasi dengan pebisnis lain tanpa harus bertemu.

Anda bisa menambahkan lebih dari satu grup maupun rekan kerja pada Trello yang dapat diatur sebagai publik atau pribadi. Penggunaan aplikasi Trello akan sangat membantu Anda untuk melakukan pengawasa terhadap tim ataupun karyawan.
 

Marketplace Indonesia

Aplikasi terakhir yang dapat mengubah semua produktifitas UMKM yang Anda kelola yaitu Marketplace. Saat ini, di Indonesia sendiri sudah banyak sekali tersedia marketplace yang bisa kita manfaatkan untuk memasarkan produk secara gratis.

Seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, ataupun lainnya yang memiliki ratusan bahkan jutaan pengunjung setiap harinya.

Tentunya, dengan memasarkan produk melalui marketplace ini, Anda dapat meingkatkan penjualan dengan pesat jika dikelola secara sungguh-sungguh.

Nah, itulah daftar aplikasi pendukung UMKM yang dapat Anda unduh di Play Store maupun App Store. Sekarang, saatnya Anda untuk meningkatkan produktifitas UMKM demi perekonomian Indonesia.