Mengenal Pentingnya UI dan UX Pada Aplikasi Bisnis

UI UX (Sumber: Pixabay.com)

UI UX (Sumber: Pixabay.com)

Like

UI atau yang disebut dengan User Interface dan UX yang lebih dikenal User Experience, merupakan hal terpenting dalam aplikasi bisnis. Keduanya saling berkaitan satu sama lain untuk pengembangan website.

Tetapi dari kedua tersebut manakah yang menjadi paling penting? Penasaran bagaimana informasi detailnya? Kamu bisa mencari referensi melalui Youtube UI UX yang membahas keduanya. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan ulasannya seperti berikut. 


Mengenal Apa Itu User Experience (UX)


User Experience yaitu proses mendesain suatu produk yang dilakukan melalui pendekatan pengguna. Hal ini akan digunakan untuk menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna yang ada, 
Produk dengan desain UX bisa menciptakan pengalaman yang lebih nyaman ketika menggunakan produk dari bisnis yang kamu kembangkan. Komponen UX sendiri meliputi struktur desain, aspek visual, aplikasi pengguna, dan navigasi penggunaan produk.  


Mengenal Pengertian User Interface (UI)


User Interface merupakan bagian dalam UX yang berupa tampilan visual desain sebuah sistem. Tampilan tersebut akan memungkinkan pengguna agar terhubung dengan suatu produk. Selain itu, UI juga berfungsi untuk mempercantik tampilan agar meningkatkan kepuasan pengguna.

Namun UI tidak hanya harus bagus saja, UI juga harus mudah untuk dioperasikan bagi pengguna. Beberapa komponen UI biasanya meliputi layout, tema, ikon tipografi, tombol, dan lain sebagainya. Hal ini bisa dilihat dari Youtube UI UX yang mudah digunakan dan menarik.  



Pentingnya UI dan UX Bagi Pengembangan Aplikasi serta Website 


UI dan UX merupakan sebuah kunci sukses bagi kelangsungan sebuah produk. Dengan begitu, pengguna mendapatkan produk yang dibutuhkan. Selain itu, kedua hal tersebut akan membuat sebuah produk yang berdasarkan minat pengguna yang lebih digemari. 

Produk yang memiliki tampilan buruk atau kurang menarik, biasanya sulit digunakan dan cepat ditinggalkan oleh pengguna. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa riset yang menunjukkan pengguna akan mencopot pemasangan di ponsel jika tampilannya berantakan. 

Tetapi, hal ini akan berbeda jika produk di aplikasi atau website memiliki tampilan visual yang mudah digunakan dan menarik. Pengguna akan puas dan memilih produk yang kamu tawarkan kepadanya. 

Jika pelanggan puas dengan desain UI atau UX bisnis yang kamu kembangkan, maka secara tidak langsung akan memberikan pelayanan yang optimal. Hal ini menjadikan salah satu strategi bisnis untuk meningkatkan penjualan. Kamu bisa mencontohnya dari tutorial Youtube UI UX. 


Desain UI dan UX yang Baik 


Setelah mengetahui pentingnya UI dan UX pada sebuah bisnis, tentu kamu tidak ingin asal saja dalam membuat sebuah produk. Terdapat beberapa kriteria yang harus kamu lakukan agar kepuasan pelanggan terjamin. 

Salah satu desain UI yang baik yaitu dengan mempertahankan konsistensi. Hal tersebut dapat membantu pengguna untuk lebih memahami pola aplikasi atau website yang kamu jalankan. Dengan begitu pengguna akan familer pada produk yang konsisten. 

Sedangkan untuk desain UX yang baik yaitu mudah digunakan atau user friendly. Mudah digunakan disini memiliki arti pengguna dapat menggunakan fitur aplikasi tanpa membutuhkan usaha lebih dalam memahami atau menggunakannya. 

Tidak hanya itu saja, tampilan visual website juga harus responsif. Desain harus fleksibel di segala perangkat agar dapat dilihat dari mobile maupun desktop seperti yang dicontohkan pada tutorial Youtube UI UX. Dengan begitu, pengguna tetap bisa mengakses website atau aplikasi kapan saja. 

Tampilan website atau aplikasi bisnis harus terlihat jelas dan ringkas. Hal ini bisa didapatkan jika kamu menggunakan desain UI dan UX yang baik. Desain yang mudah dimengerti dan menarik akan meningkatkan penjualan bisnis, karena pelanggan puas dengan produk yang ditawarkan. 

Baca juga: Wah, GoFood Jadi Layanan Terbaik di Dunia!