Kenapa sih Saham yang Baru IPO Harganya Langsung Meroket?

IPO Stocks Illustration - Canva

IPO Stocks Illustration - Canva

Di sepanjang kuartal I/2021 ini, sudah ada 11 emiten baru lho yang eksis di bursa dalam negeri. Menariknya, para saham emiten yang baru melakukan IPO tersebut langsung meroket!

Berdasarkan data Bisnis, hingga perdagangan 31 Maret 2021, saham dua emiten baru yakni PT DCI Indonesia Tbk. (DCII) dan PT Bank Net Indonesia Tbk. (BANK) telah melesat lebih dari 20 kali lipat lho!

Saham DCII telah melonjak hingga 2405,95 persen. Sedangkan BANK, sahamnya naik 2472,82 persen sejak IPO.

Enggak hanya itu, sejumlah emiten yang baru debut lainnya juga mencatatkan kenaikan harga saham yang luar biasa, seperti:
  • UFOE [+494,06%]
  • DGNS [+237.4%]
  • SNLK [+109,33%]

Kalau dipikir-pikir, saham emiten yang baru IPO kerap kali meroket nih, Be-emers. Kok bisa gitu ya?

Baca Juga: Siap-siap, Cimory Berencana IPO Tahun Ini! Tertarik Koleksi?
 

Ada Faktor di Luar Fundamental

Kalau menurut Analis Phillip Sekuritas Anugerah Zamzami Nasr, dikutip dari Bisnis, hal itu lumrah terjadi di bursa saham kok. Bahkan, sampai banyak juga lho saham dari emiten baru yang langsung kena Auto Reject Atas (ARA).

Anugrah menjelaskan, melesatnya harga saham emiten anyar di bursa cenderung terjadi karena adanya faktor selain fundamental saat ini, Be-emers. Faktor tersebut antara lain:
  • Demand tinggi
    Melesatnya harga saham emiten yang baru IPO bisa terjadi karena permintaan tinggi, tapi supply sahamnya sedikit atau dikuasai sama sejumlah pihak doang nih.
     
  • Adanya spekulasi dari para pelaku pasar
    Misalnya, beberapa waktu terakhir ini ada spekulasi para pelaku pasar mengenai digitalisasi. Nah, hal itu bikin saham-saham perbankan hingga emiten teknologi, yang notabene concern dalam hal digital, bakal diburu sama para pelaku pasar.
     
  • Alternatif trading
    Terakhir, kalau menurut Analis Panin Sekuritas William Hartanto, saham para emiten yang baru IPO juga biasanya diincar investor ritel sebagai alternatif dari aktivitas trading lho! Soalnya, saham yang baru debut memang punya kebiasaan naik di hari pertama melantai di bursa.

Nah, kamu salah satu yang sering mengincar saham baru debut enggak nih, Be-emers?

Baca Juga: Ramai Klub Bola Kaesang Berencana IPO, Ini Manfaatnya Menurut BEI