Terlihat Efisien, Ternyata Ini Bahaya Multitasking

Multitasking - Canva

Multitasking - Canva

Like

Siapa yang suka banget melakukan sesuatu dalam sekali waktu alias multitasking? Memang sih kelihatannya efisien, tapi ternyata multitasking itu cukup berbahaya lho, Be-emers!

“Menyelam sambil minum air,”

Mungkin kalian sering mendengar peribahasa tersebut kan? Peribahasa tersebut memang tepat banget menggambarkan kegiatan multitasking.

Dilansir dari laman Alodokter, multitasking sendiri merupakan sebuah keterampilan dalam mengerjakan sejumlah aktivitas sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Biasanya sih, multitasking ini dilakukan untuk menghemat waktu.

Meski begitu, multitasking itu ternyata enggak seefisien yang kamu bayangkan nih. Bahkan, multitasking juga bisa mengganggu kesehatanmu lho!


Soalnya, enggak semua dari kita itu “pandai” dalam melakukan multitasking. Alhasil, multitasking cuma bisa mempengaruhi fungsi otak dan menurunkan produktivitas.

Kalau kamu bisa fokus penuh menyelesaikan satu kegiatan, kamu bisa lebih jauh  menghemat energi dan enggak mudah lelah.

Makanya, dikutip dari Bisnis, ini bahaya multitasking yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Sering Lembur? Hati-Hati, Ini Dampak Buruk yang Bakal Kamu Alami
 

Menghambat Fungsi Otak dan Menurunkan IQ

Orang yang bisa melakukan multitasking bukan orang yang pintar kok. Mereka cuma pandai dalam mengatur waktu dan manajemen saja.

Sebenarnya kalau otak kita enggak tahu cara fokus ke banyak hal dalam satu waktu, otak kita bakal sulit buat memahami informasi apapun.

Jadi, saat kamu memaksa diri untuk multitasking, secara enggak sadar kamu telah memaksa otak kamu untuk memproses banyak informasi dengan kecepatan tinggi. Alhasil, fungsi otak kamu bisa berkurang selama periode tertentu lho!

Enggak hanya itu, orang yang melakukan multitasking juga cenderung bakal kehilangan tingkat IQ-nya nih, Be-emers. Soalnya, multitasking juga bisa mengurangi kecerdasan emosional kamu.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh penelitian yang menunjukkan bahwa multitasking membuat seseorang jadi kurang berempati karena enggak bisa fokus lagi untuk mengendalikan emosi.
 

Mengurangi Konsentrasi dan Bikin Sering Lupa

Saat melakukan multitasking, kamu akan sulit untuk fokus. Sehingga, multitasking bisa mengurangi tingkat konsentrasi kamu secara drastis!

Kamu perlu tahu nih, orang yang sering multitasking enggak bisa mengatur pikiran dan menjalankan ide dengan baik. Kemampuan buat memproses informasi pun jadi lebih lambat lho.

Di satu sisi, multitasking juga bikin kamu kehilangan fokus, terutama dalam hal akurasi. Soalnya, kemampuan kamu untuk fokus pada sejumlah detail dan pemecahan masalah telah jadi lambat.

Kamu akan kehilangan detail-detail kecil dan otak kamu enggak bisa menyimpan informasi untuk jangka waktu yang lebih lama lho. Itu artinya, kamu bakal jadi sering lupa!

Baca Juga: Sadari Sejak Dini, Berikut Tanda Kamu Kelelahan Kerja
 

Punya Efek Negatif pada Kesehatan Mental

Tanpa kamu sadari nih, dengan melakukan multitasking, hal itu bisa menyebabkan stres hingga kecemasan! Dengan begitu, multitasking tentu bisa berdampak negatif buat kesehatan mental kamu, Be-emers.

Kedamaian mental kamu bakal terganggu. Soalnya, kamu lebih fokus buat menyelesaikan aktivitas atau tugas ketimbang menikmati prosesnya.

Waduh, bahaya juga ya, Be-emers!

Nah, kamu suka merasa lelah enggak nih saat melakukan multitasking?

Atau, ada yang selalu berhasil melakukan multitasking dan tetap menjalani work life balance? Komen di bawah yaaa!