Tips Investasi Properti

Detroit Will PAY You To Take One Of These 100 Abandoned Homes (businessinsider.com)

Detroit Will PAY You To Take One Of These 100 Abandoned Homes (businessinsider.com)

Like

Investasi properti mungkin menjadi sebuah instrumen yang sudah sangat klasik dan dikenal sejak zaman dahulu. Tentu investasi ini dinilai lebih aman dan menguntungkan dibandingkan investasi di instrumen lain.

Namun, kita tidak bisa sembarangan memutuskan untuk segera berinvestasi di sektor ini, kami akan membahas beberapa tips yang bisa digunakan dalam pertimbangan investasi properti untuk meraih cuan di masa depan.

Memiliki properti tentu membutuhkan modal yang tak sedikit, meskipun properti yang dibeli hanya berupa tanah. Akan tetapi, dibutuhkan modal yang tak sedikit pula sehingga properti diidentikkan investasinya orang kaya.

Meski, banyak orang menilai bahwa properti harga nya akan selalu naik, akan tetapi asumsi tersebut tidak selalu benar. Oleh karena modal yang dikeluarkan tidak sedikit, maka saya akan memberi beberapa tips dalam berinvestasi properti agar uang yang besar tersebut tidak merugi.

Tips:
  1. Mengumpulkan beberapa listing properti. Hal ini bertujuan untuk memberikan kita beberapa opsi dalam memilih properti. Listing ini kita kumpulkan tentu lengkap dengan data-data properti tersebut, seperti harga, luas, legalitas, maupun spesifikasi lain.
     
  2. Menetapkan bajet diawal. Penetapan bajet ini digunakan agar dalam pencarian properti ini kita bisa menilai properti seperti apa saja yang akan kita dapat dengan bajet tersebut sehingga kita tidak terlalu membuang waktu dan effort dalam mencari properti tersebut.

     
  3. Pemilihan lokasi. Lokasi menjadi variabel sangat penting bagi sebuah properti. Lokasi strategis sebuah properti maka akan menghasilkan pertumbuhan harga properti tersebut naik lebih cepat dibandingkan properti lain.

    Lokasi strategis ini contohnya seperti dekat dengan RS, sekolahan, central bisnis, dan industri. Seperti gula, properti yang strategis tentu akan didekati banyak orang dan lebih menarik.

    Jangan memilih lokasi yang sering terjadi bencana maupun lingkungan yang kurang bagus karena hal tersebut bisa menjadi faktor menurunnya harga sebuah properti. 
     
  4. Negosiasi harga. Tawar-menawar harga properti juga menjadi hal penting dikarenakan sebuah properti biasanya bisa turun jutaan rupiah bahkan ratusan juta rupiah jika kita melakukan negosiasi harga.
     
  5. Legalitas properti. Cek selalu kejelasan sebuah properti melalui surat suratnya. Kita bisa menggunakan jasa sebuah notaris maupun bisa ke BPN langsung. Pastikan sebuah properti bebas dari sengketa dan sesuai dengan keterangan di sertifikat nya. 
     
  6. Tentukan tujuan dalam pembelian properti. Tujuan disitu maksudnya apakah dalam membeli properti tersebut adalah untuk kita gunakan sendiri, ataupun hanya untuk didiamkan saja ataupun untuk menghasilkan pendapatan perbulan dari hasil sewa.
Okey pembaca, itu tadi tips tips yang bisa admin berikan. Mengingat tidak ada investasi yang tidak berisiko maka penting juga membaca tips dalam berinvestasi properti agar kita tidak merugi dalam mengeluarkan uang demi memiliki sebuah properti. 

Baca Juga: Beli Rumah Jadi atau Bangun Rumah Sendiri, Ya?