Erick Thohir Paksa Pakai Kompor Listrik, Memang Lebih Hemat Ya?

Like

Ilustrasi Kompor Listrik - Canva

Ilustrasi Kompor Induksi - Canva

 

Keunggulan Kompor Listrik VS Kompor Induksi

Ternyata, dari cara pemakaian, kompor listrik dan kompor induksi jelas berbeda. Meski begitu, sumber listrik yang digunakan dinilai bikin kedua jenis kompor tersebut punya sejumlah keunggulan lho, Be-emers.

Apa saja keunggulan atau kelebihan dari kompor listrik dan kompor induksi?

Hemat Energi dan Panas Lebih Merata

Hal pertama yang jadi keunggulan dari kompor listrik dan kompor induksi yakni terletak pada penggunaan energi yang jauh lebih efisien dibanding kompor gas dan bahkan kompor minyak tanah.

Memang sih, penggunaan energi listrik terkesan bakal boros dan bikin biaya listrik kamu membengkak. Namun, dilansir dari Dekoruma, kenyataannya panas dari energi listrik pada kompor listrik justru bikin masakan kamu jadi lebih cepat matang!

Begitu juga dengan kompor induksi, yang mana menurut Hi-Cook, lebih efisien untuk memanaskan peralatan masak secara langsung. Bahkan, kompor induksi bisa menghantarkan 80-90 persen energi elektromagnetik ke dalam wajan.

Sedangkan kompor listrik, hanya bisa mengelola efisiensi energi sekitar 70 persen saja. Meski begitu, baik kompor listrik maupun kompor induksi, sama-sama bisa bikin rumah kamu lebih hemat energi nih, Be-emers.


Selain itu, panas yang dihasilkan kompor listrik dan kompor induksi jauh lebih merata lho. Sehingga, hasil masakan kamu pun bakal lebih nikmat dan hangat sampai ke dalam.
 
Suhu Maksimum Kompor Listrik Suhu Maksimum Kompor Induksi
Rata-rata 393 derajat celcius Maksimum 351 derajat celcius
Sumber: Hi-Cook

Lebih jauh, kompor listrik dinilai lebih membutuhkan waktu yang lama untuk dingin kembali. Hal ini tentunya bisa bikin kamu sedikit repot ketika ingin beralih dari panas tinggi ke rendah.
 

Lebih Aman

Beda dengan kompor gas dan kompor minyak yang menghasilkan api untuk memasak, kompor listrik dan kompor induksi justru memungkinkan kamu untuk memasak lebih aman tanpa menggunakan api.

Tentu saja, hal ini sangat membantu kamu yang takut akan api. Dengan begitu, kamu bisa memasak dengan lebih nyaman dan aman tanpa takut api yang kemungkinan menyambar atau membakar tangan.

Apalagi, kompor listrik dan kompor induksi hanya memanaskan bagian permukaan yang bersentuhan dengan alat masak. Dengan begitu, risiko ketika kamu enggak sengaja meninggalkannya saat selesai memasak pun jauh lebih kecil.

Terutama buat kamu yang punya anak atau adik yang masih kecil, kompor induksi jauh lebih aman digunakan karena aman jika disentuh dan punya fungsi pengunci.

Enggak hanya itu, kamu juga enggak perlu takut akan risiko kebocoran gas seperti pada kompor gas. Kompor listrik dinilai lebih aman dan meminimalkan kemungkinan adanya ledakan kompor.

 

Ilustrasi Kompor Listrik - Canva

Ilustrasi Kompor Listrik - Canva

 

Kekurangan Kompor Listrik dan Kompor Induksi

Enggak ada yang sempurna di dunia ini. Begitu juga dengan kompor listrik dan kompor induksi.

Meski terlihat lebih futuristik dan efisien, tapi ada lho sejumlah hal yang dinilai jadi kekurangan kompor listrik dan kompor induksi.
 

Biaya Listrik Bertambah

Sudah jelas, pemakaian kompor listrik atau kompor induksi akan bikin biaya listrik rumah tangga kamu bertambah. Untuk kamu yang rumahnya menggunakan watt terbatas atau di bawah 2.000 watt, pasti kamu akan kewalahan mengatur pemakaian listrik di rumah.

Soalnya, sekali digunakan, rata-rata kompor bertenaga listrik tersebut membutuhkan daya listrik hingga 1.000 watt lebih lho! Apalagi, kalau ada pemadaman listrik, kamu tentunya enggak bakal bisa masak di dapur deh.
 

Terbatas Pada Alat Masak Tertentu

Selain itu, kamu juga enggak bisa sembarangan pakai alat masak di kompor listrik atau induksi lho, Be-emers.

Alat masak yang digunakan di kompor listrik atau induksi harus yang memiliki alas datar. Ingat, kompor listrik dan kompor induksi permukaannya rata.

Bahkan, kompor listrik dan kompor induksi juga lebih cocok dengan alat masak yang berbahan dasar stainless steel atau besi. Kalau enggak, kompor listrik dan induksi enggak bisa merespon dengan baik alat masak kamu.

Pastikan juga alat masak dan kabel pada kompor kamu enggak bocor ya. Soalnya, kalau sampai bocor, hal itu bisa juga menimbulkan masalah seperti konsleting.

Nah, kamu tetap bakal menggunakan kompor gas atau mulai berpikir untuk beralih ke kompor listrik nih, Be-emers?