Sebelum Satan Shoes, MSCHF Pernah Rilis Sepatu Nike Jesus Shoes

Sumber: Google

Sumber: Google

Like

Nike berhasil memenangkan kasus gugatan terhadap perusahaan MSCHF asal Brooklyn atas penjualan "Sepatu Setan" alias “Satan Shoes”.

Dalam gugatan yang diajukan, Nike menuding MSCHF Product Studio, Inc. melakukan pelanggaran merek dagang atas 666 pasang sepatu sneakers Nike yang dimodifikasi dan dibuat oleh desainer bekerja sama dengan penyanyi Lil Nas X.

Semua berawal ketika MSCHF merilis satan shoes yang bekerja sama dengan Lil Nas X. Sepatu hitam dan merah itu diluncurkan bertepatan dengan peluncuran lagu terbaru sang rapper, Call Me By Your Name, yang memulai debutnya di YouTube. 

Sepatu setan merupakan hasil modifikasi Air Max 97s hitam yang ditempeli pentagram perunggu, menampilkan salib terbalik, ayat Alkitab yang merujuk pada kejatuhan setan dan bercampur tinta merah di midsole.

Yang membuat kontroversial, sepatu ini disebut mengandung setetes darah manusia. Sepatu tersebut laku terjual 666 pasang dalam satu menit setelah diluncurkan.


Baca Juga: Heboh H&M dan Nike Diboikot di China, Ada Apa Sih?

Nike menggugat MSCHF atas masalah perizinan, dan pencemaran nama baik brand karena sepatu kontroversial itu. Nike meminta agar menghentikan secara permanen pesanan untuk Sepatu Setan Lil Nas X yang tidak memiliki izin itu.

Namun, sebelum hebohnya kontroversi satan shoes, MSCHF  juga sebenarnya pernah merilis sepatu jesus alias jesus shoes pada Oktober 2019 silam. MSCHF, kelompok seni yang membuat "Sepatu Setan" berkata, karya mereka adalah produk lanjutan dari "Sepatu Yesus". 

Sama seperti “Satan Shoes”, "Jesus Shoes" juga memakai Nike Air Max 97s tetapi berwarna putih. Kalau “Satan Shoes” mengandung tetesan darah manusia, “Sepatu Yesus” berisi 60 cc air suci dari Sungai Jordan (disuntikkan ke bagian gelembung pada sol bawah sepatu dan diberkati oleh pendeta). 

Selain memberikan air suci, "Sepatu Yesus" itu juga menampilkan sejumlah simbol Kristiani. Seperti kutipan Alkitab Matius 14:25. Ditambah, di bagian depan, "Sepatu Yesus" memajang salib emas plus ukiran Yesus.

Meski dengan kisaran harga 3.000 dollar (sekitar Rp 42,4 juta), sneakers ini langsung ludes terjual dalam hitungan menit.

Inspirasi sepatu itu merujuk kepada cerita Yesus ketika berjalan di atas air. Kemudian satu titik merah yang melambangkan darah Yesus. Lalu ada salib yang dilekatkan pada tali, dan terakhir adalah sol yang beraroma kemenyan.

Baca Juga: Eksekutif Nike Resign Setelah Anaknya Pakai Kartu Kredit Buat Beli Sneakers Limited-Edition, Kok Bisa?