Heboh Pelanggaran Endorsement Shandy Aulia, Gimana Cara Bijak Memilih Influencer?

Like

Influencer - Canva

Influencer - Canva

 

Mengenal Influencer dan Skill yang Dimilikinya

Saat ini, media sosial bukan hanya jadi wadah untuk berjejaring dengan teman saja. Lebih dari itu, media sosial kini sudah menjadi ladang cuan lho!

Bahkan, kamu bisa berdagang atau mempromosikan dagangan orang lain dan mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut. Enggak heran, sekarang banyak banget influencer, yang juga menjadi bagian dari bisnis online di media sosial.

Dilansir dari Influencer Marketing Hub, influencer sendiri merupakan seseorang yang punya kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pembelian orang lain karena otoritas, pengetahuan, posisi, atau hubungannya dengan audiensnya.

Di satu sisi, Influencer Marketing Hub menjelaskan bahwa influencer bukanlah seseorang yang hanya menghabiskan seluruh waktunya di media sosial, selfie, dan berusaha terdengar penting.

Lebih dari itu, seorang influencer harus benar-benar mempengaruhi perilaku pengikut mereka lho!


Penting untuk kamu tahu nih, influencer telah membangun reputasi atas pengetahuan dan keahlian mereka pada topik tertentu, terutama di media sosial. Hal itu lah yang akhirnya menghasilkan banyak pengikut antusias dan terlibat, serta memperhatikan pandangan mereka.

Dikutip dari Influencerdb.com, ada sejumlah skills yang wajib dimiliki sama seorang influencer nih, antara lain:
  • Rasa Empati
    Ini penting banget. Soalnya, ketika influencer bekerja dengan brand, setiap orang yang terlibat mungkin memiliki pendapat berbeda tentang hal-hal yang penting.

    Nah, saat itu lah, seorang influencer perlu turun tangan dan mencoba membuat semua orang memiliki alasan yang sama, serta memahami pendapat guna menemukan solusi untuk semua orang yang terlibat.
     
  • Social Media Overview
    Influencer harus lebih dari sekadar mengetahui dasar-dasar media sosial. Selain itu, seorang influencer juga harus tahu hampir semua hal yang terjadi di media sosial.
     
  • Komunikasi yang Baik dan Profesionalisme
    Influencer yang bekerja dengan brand harus selalu menjadi prioritas pertama dalam hal pekerjaan.

    Selain itu, tentunya influencer harus punya kemampuan komunikasi yang baik agar kampanye atau promosi yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar.
     
  • Terstruktur, Fleksibel, Kreatif
    Influencer juga bertugas untuk merencanakan dan mengatur kerja sama dengan berbagai pihak.

    Itulah mengapa sangat penting untuk membuat struktur segala kegiatan dan menyusun hari dengan klien, sehingga influencer dapat fokus untuk menjadi kreatif.
     
  • Koneksi Personal
    Pemasaran influencer saat ini adalah tentang bekerja pada “personal level” dan bertujuan untuk kemitraan jangka panjang antara influencer dan brand.
     
  • Ilmu Marketing
    Terakhir, tentu saja salah satu keterampilan yang paling penting dimiliki influencer adalah tentang pemasaran atau marketing. Tanpa itu, mereka tidak akan dapat membantu klien mereka atau bernegosiasi dengan brand.

Influencer - Canva

Influencer - Canva

 

Tips dan Strategi Memilih Influencer

Menjadi seorang influencer pun juga enggak bisa sembarangan. Perlu banyak skill atau kemampuan yang dikuasai nih sama seorang influencer.

Nah, selain mengetahui lebih dalam soal influencer. Bagi kamu yang berniat untuk menggunakan jasa mereka, kamu juga penting mengatur strategi dan bijak memilih influencer.

Hal ini dilakukan agar brand dan produk kamu bisa dipasarkan dengan baik melalui influencer.

Dilansir dari Glints, ada sejumlah tips nih yang bisa kamu coba untuk memilih influencer, antara lain:
  1. Lakukan Riset
    Cari tahu konten yang dibawakan influencer, engagement media sosialnya, hingga temukan hal yang relevan dari influencer tersebut dengan brand dan produk kamu.
     
  2. Sesuaikan dengan Target Konsumen Kamu
    Pastikan juga influencer yang kamu pilih sesuai dengan target konsumen atau audiens kamu ya!
     
  3. Cek Track Record atau Riwayat Influencer
    Kamu harus tahu riwayat influencer yang mau kamu pilih. Pastikan, influencer tersebut sebelumnya enggak pernah bekerja sama dengan kompetitor kamu nih, Be-emers.
     
  4. Orisinalitas Influencer
    Cek jumlah pengikutnya asli atau bohong ya. Selain itu, influencer yang baik pasti punya pengikut setia dan karya yang orisinil atau bukan plagiat.

Gimana? Sudah punya rencana mau menggunakan jasa influencer untuk pemasaran produk bisnis kamu, Be-emers?