Berikut 9 Faktor Penting Memilih Franchise

Faktor Memilih Franchise - Image: Canva

Faktor Memilih Franchise - Image: Canva

Like
Waralaba atau franchise menjadi pilihan alternatif buat kamu yang ingin memulai menjalani bisnis. Meski begitu, ada sejumlah faktor yang perlu kamu perhatikan dalam memilih franchise lho, Be-emers.

Ada banyak jenis franchise yang bisa kamu pilih nih. Mulai dari franchise produk, hingga franchise jasa.

Format franchise pun beragam. Misalnya franchise dengan format bisnis, manajemen, dan franchise distribusi produk.

Memantapkan diri untuk terjun di bisnis franchise memang penting. Untuk itu, selain mengetahui kelebihan dan kekurangan, pemilihan franchise juga penting untuk kamu eprtimbangkan.

Baca Juga: Mau Mulai Bisnis Franchise? Kenali Dulu Yuk Format dan Jenisnya!

Makanya, dikutip dari buku Membeli dan Menjual Franchise, ada 9 faktor penting yang bisa jadi pertimbangan kamu dalam memilih franchise lho, Be-emers. Faktor tersebut antara lain:

Jenis Pekerjaan

Dalam menjalani apapun, sebenarnya kamu harus menikmatinya. Begitu juga saat menjalani bisnis franchise.

Soalnya, kunci sukses seorang pebisnis yakni dengan menyukai dunia “bisnis” yang dipilihnya bukan sebagai pekerjaan, tapi sudah merupakan hobi. Untuk itu, pilihlah franchise yang sesuai dengan diri kamu atau apa yang kamu suka.
 

Franchise dengan Pelatihan Khusus

Bisnis franchise merupakan salah satu jenis usaha yang memerlukan sebuah pelatihan nih, Be-emers. Hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan kualitas dan standar yang telah ditentukan oleh franchisor.

Untuk itu, kalau kamu menemukan franchise yang menawarkan pelatihan dengan baik, hal itu bakal jadi pilihan yang menarik karena kamu akan mendapatkan profesionalitas  di bidang yang ditawarkan.
 

Masalah Karyawan

Saat menjalani bisnis franchise, kamu bisa menjalankannya langsung atau dengan bantuan karyawan tambahan. Nah, kalau kamu membutuhkan bantuan karyawan untuk menjalankan franchise, itu artinya kamu sudah harus siap dengan peraturan terkait kepegawaian.

Enggak cuma itu, kadang kamu akan bermasalah ketika harus bekerja dengan orang lain. Namun, kamu juga bisa kok memanfaatkan anggota keluarga untuk membantu kamu dalam menjalankan usaha franchise.

Masih ada faktor lainnya lho! Yuk, ke halaman selanjutnya!