15 Konglomerat Indonesia Masuk dalam Daftar Orang Terkaya Dunia 2021 Forbes

Daftar Orang Paling Kaya di Indonesia - Bisnis Muda

Daftar Orang Paling Kaya di Indonesia - Bisnis Muda

Setiap tahunnya, Majalah Forbes selalu merilis deretan orang paling tajir di dunia. Nah, di tahun 2021 ini, ternyata ada 15 orang konglomerat Indonesia yang masuk dalam daftar orang terkaya di Dunia versi Forbes lho!

Diketahui, 15 “crazy rich Indonesian” tersebut berasal dari berbagai sektor usaha nih. Dilansir dari Bisnis, kekayaan 15 konglomerat Indonesia tersebut mencapai US$71,8 miliar atau setara Rp 1.041,1 triliun.

Nah, ternyata total kekayaan 15 orang paling tajir di Indonesia tersebut telah naik 33,70 persen lho! Soalnya, di tahun 2020, total kekayaan mereka hanya senilai US$53,7 miliar.

Lalu, siapa saja 15 orang paling terkaya di Indonesia itu?

 

Hartono Bersaudara

Lagi-lagi, duo kakak-beradik Budi Hartono dan Michael Hartono kembali menempati posisi paling atas dalam jajaran orang paling tajir di Indonesia nih, Be-emers. Duo Hartono tercatat sebagai orang terkaya pertama dan kedua se-Indonesia.

Budi Hartono merupakan pemegang nahkoda Grup Djarum. Di tahun 2020, Budi Hartono juga tercatat sebagai orang paling tajir di Indonesia dengan nilai kekayaan sebesar US$20,5 miliar.

Namun, kekayaan bersih pria yang bernama Robert Budi Hartono tersebut hingga 8 April 2021 terpantau menurun 0,21 persen. Dari data Forbes, kekayaan Robert Budi Hartono kini sebesar US$18,5 miliar.

 

Hartono Bersaudara - Bisnis Muda

Hartono Bersaudara - Bisnis Muda


Begitu juga dengan Michael bambang Hartono, yang kekayaan bersihnya terpantau menurun 0,21 persen. Hingga 8 April 2021, Forbes mencatat kekayaan Michael mencapai US$17,8 miliar.

Duo Hartono diketahui mendapatkan sebagian besar kekayaan mereka dari Bank Central Asia (BCA). Soalnya, seperti yang diketahui, Grup Djarum telah mengambil alih BCA dari keluarga Salim sejak tahun 1998.

Selain itu, bisnis tembakau juga menjadikan Grup Djarum menjadi produsen rokok kretek terbesar di Indonesia. Enggak hanya itu, Hartono bersaudara juga merupakan pemilik dari brand elektronik Polytron, bisnis real estate, dan menaruh sahamnya di startup game Razer.

Nah, secara global, Budi Hartono menempati posisi orang terkaya dunia nomor di urutan 86, sedangkan Michael Hartono di urutan 89.

Baca Juga: Pelajari Prinsip Hidup Sederhana Keluarga Miliarder Nomor Satu Indonesia 
 

Prajogo Pangestu

Kalian tahu PT Barito Pacific Tbk.? Itu lho, emiten dengan kode saham BRPT merupakan perusahaan konglomerasi milik Prajogo Pangestu nih, Be-emers. Di Indonesia, Prajogo menempati posisi ketiga sebagai orang paling tajir.

Forbes mencatat kekayaan Prajogo hingga 8 April 2021 mencapai US$6,5 miliar. Jumlah tersebut turun 0,50 persen atau merosot US$33 juta.

 

Prajogo - Pinterest

Prajogo - Pinterest


Berawal dari menjalani bisnis bidang perkayuan di akhir tahun 1970-an, Prajogo kini telah menjadi salah satu taipan tersukses di Indonesia.

Apalagi, perusahaannya yakni Barito Pacific Timber, yang kemudian ganti nama jadi Barito Pacific tersebut sudah melantai di bursa sejak 1993. Meskipun, pada 2007, Barito Pacific telah mengurangi bisnis kayunya dan mulai mengakuisisi 70 persen perusahaan petrokimia yakni Chandra Asri.

Bahkan, Chandra Asri sejak 2011 telah bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia lho!
 

Chairul Tanjung

Di posisi ke empat ada Chairul Tanjung. Ayah dari pengusaha muda Putri Indahsari Tanjung ini merupakan orang nomor satu di CT Corp.

Dari catatan Forbes, hingga 8 April 2021, kekayaan Chairul Tanjung meningkat 0,06 persen atau meningkat US$3 juta. kekayaan Chairul Tanjung pun tercatat mencapai US$ 4,3 miliar.

 

CT - Image: Bank Mega

CT - Image: Bank Mega


Sejumlah lini usahanya sudah berkuasa di Indonesia. Mulai dari sektor perbankan seperti Bank Mega, swalayan modern (Carrefour dan Transmart), hingga bisnis media yakni Transmedia (Trans TV, Trans 7, dan masih banyak lagi).

Enggak hanya itu, grup bisnis milik Chairul Tanjung juga menjamah bisnis franchise seperti Wendy’s, Versace, Mango dan Jimmy Choo. Terlebih, pria yang mendapat julukan “Anak Singkong” tersebut juga diketahui memiliki saham di Garuda Indonesia lho.

Baca Juga: Selain Bank Harda, Perusahaan Chairul Tanjung Juga Gencar Borong Saham Lain di Tengah Gugatan PKPU
 

Tahir dan Keluarga

Selanjutnya, ada Tahir dan keluarganya. Forbes mencatat kekayaan mereka mencapai US$3,3 miliar hingga 8 April 2021. Perolehan tersebut meningkat 0,29 persen atau naik US$10 juta.

Dato Sri Tahir sendiri merupakan pendiri dari Mayapada Group. Perusahaan konglomerasi tersebut bergerak di sektor perbankan, kesehatan, dan real estate.

 

Dato Sri Tahir - Pinterest

Dato Sri Tahir - Pinterest


Enggak hanya di dalam negeri, tahir juga diketahui punya bisnis properti di Singapura lho! Bahkan, Tahir lah yang menjadi salah satu pemilik lisensi untuk menerbitkan Forbes Indonesia nih, Be-emers.

Nah, masih ada 10 konglomerat Indonesia lagi nih yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes, antara lain:
 
Nama Konglomerat Kekayaan Bersih
(Dalam US$)
Sumber Kekayaan
Eddy K. Sariaatmadja 3 Miliar Media dan teknologi
Jerry Ng 2,5 Miliar Bank
Djoko Susanto 1,7 Miliar Supermarket
Mochtar Riady & keluarga 1,7 Miliar Diversifikasi
Theodore Rachmat 1,7 Miliar Diversifikasi
Peter Sondakh 1,5 Miliar Investasi
Alexander Tedja 1,4 Miliar Real Estate
Winarko Sulistyo 1,2 Miliar Pulp dan kertas
Murdaya Poo 1,2 Miliar Diversifikasi
Harry Tanoesoedibjo 1,1 Miliar Media
Sumber: Bisnis.com


Hayo, siapa yang punya mimpi masuk dalam daftar orang terkaya di dunia?