Di Balik Fenomena Mr. Hu, Seller Fenomenal Shopee yang Disebut Pemilik Sinotrans

Sumber: Pexels

Sumber: Pexels

Like

Bagi kamu yang suka belanja online lewat Shopee, apakah kalian pernah memperhatikan kalau barang yang dikirim dari China biasanya nama pengirimnya sama?

Nama pengirimnya yakni biasanya selalu Mr. Hu dengan alamat Shangxue Industrial Park, Building 6, Bantian. EC.

Kabarnya, jika kita beli suatu barang di marketplace tersebut yang lokasinya dari China, biasanya pengirim dan alamatnya selalu sama walaupun online shopnya berbeda beda. Barang barang yang dijual Mr. Hu berupa barang barang lucu dan biasanya perlengkapan sehari hari dengan harga yang sangat murah. 

Nama tersebut sempat ramai di Twitter dengan hastag #shopeebunuhUMKM dan #SsellerAsingBunuhUMKM karna penjual fenomenal tersebut jual barang kebangetan murah dan dikhawatirkan bakal membunuh umkm lokal. 

Peka terhadap fenomena tersebut, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki akhirnya memanggil shopee perihal fenomena Mr. Hu. Teten menganggap hal itu serius dan ingin memperdalam masalah tersebut. 


Baca Juga: Ramai Kurir Shopee Mogok Kerja, Begini Respon dan Dampaknya

Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia, Radityo Triatmojo kemudian membuka suara bahwa Shopee Indonesia memastikan komitmen untuk berdampingan dengan pemerintah dalam rangka mendukung UMKM dan mendorong produk lokal.

Ia pun mengungkap produk pedagang lokal masih mendominasi penjualan di Shopee dengan angka sebesar 97 persen. Sementara untuk produk cross border hanya sebesar 3 persen.

Keramaian fenomena tersebut mengundang penasaran warganet siapa sosok Mr. Hu sebenarnya. Bahkan, bukan hanya warganet Indonesia yang penasaran dengan sosok tersebut.

Ada pula yang meyakini, Mr. Hu ini memang penjual dari China yang mengirimkan paket pesanan ke sejumlah negara Asia seperti Singapura, Malaysia, maupun Filipina.

Lalu, siapa sih sebenarnya Mr. Hu ini?

Dari informasi yang beredar, Mr. Hu bukanlah orang sembarangan lho.

Mr Hu diasosiasikan dengan seseorang yang bernama Hu Jianhua. Jika ditelusuri, Hu Jianhua adalah Presdir China Merchant Group, yang merupakan induk perusahaan dari Sinotrans, salah satu perusahaan logistik terbesar di China.

Tapi perlu diingat, informasi tersebut hanya berdasarkan obrolan dari warganet, ya. Tidak ada yang menjadi bukti valid bahwa Mr Hu ini adalah Hu Jianhua. 

Nah, siapa nih yang pernah juga dapat kiriman dari Mr. Hu?