Baru! BCA Bikin E-commerce Khusus UMKM

sumber: unsplash

sumber: unsplash

Like

Aktivitas belanja online masyarakat indonesia yang semakin aktif terutama melalui e-commerce nampaknya memicu PT. Bank Central Asia (BCA) untuk membuat platform e-commerce terbaru.

Berbeda dengan e-commerce lain, platform e-commerce yang dinamakan BCA UMKM fest ini khusus untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Terdapat 18.000 produk UMKM yang siap diluncurkan BCA secara digital. Platform e-commerce ini BCA menargetkan dapat menggerakkan usaha pelaku UMKM dan membantu naik kelas. E-commerce ini telah diluncurkan pada Jumat, 16 april kemarin.

Baca Juga: Coupang VS Tokopedia: Raksasa E-Commerce yang Melirik Cuan di Pasar Modal

Berkaca dari pandemi covid-19 yang menghambat mobilitas masyarakat, BCA upayakan punya platform virtual UMKM lokal. Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, platform ini diperuntukkan bagi UMKM yang belum piawai terjun ke platform e-commerce pada umumnya.


Melalui platform ini, diharapkan bisa meningkatkan penjualan UMKM khususnya ketika masyarakat berbondong-bondong memenuhi kebutuhan puasa dan Lebaran.

Sama seperti e-commerce pada umumnya, e-commerce yang diluncurkan BCA juga menyediakan pilihan pembayaran dan pengiriman. Mengenai sistem pembayaran, Jahja menjelaskan bahwa sebagian besar akan menggunakan layanan BCA. sedangkan proses pengirimannya sendiri akan dilakukan seperti e-commerce lainnya.

BCA juga mengaku telah melakukan kerja sama dengan 2 perusahaan logistik yang akan mendukung pengiriman platform tersebut. 

Tak hanya itu, BCA juga telah berkomunikasi dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Luar Negeri untuk memberikan bantuan akses bagi pada UMKM yang siap melakukan ekspor. Kegiatan itu termasuk salah satunya berkenalan dengan konsulat dagang luar negeri. 

Dari 1500 UMKM yang mengikuti program, tercatat ada 80 UMKM yang siap ekspor. Lalu ada pula 28 calon pembeli dari luar negeri yang telah menyatakan minatnya pada produk-produk lokal tersebut.

Berkomitmen ingin membantu mengembangkan UMKM lokal, Jahja mengatakan para UMKM juga akan diberikan bimbingan tata cara penjualan online. Pihak bank juga bersedia memberikan akses pembiayaan bagi UMKM yang betul betul ingin bertumbuh.

Kira kira, apakah platform e-commerce ini bisa bersaing dengan e-commerce lain seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dll?

Baca Juga: 
Heboh Penipuan Grab Toko, Ini Langkah Tegas Grab Indonesia Hingga BCA