Supermarket Ini Terapkan Sistem Pembayaran dengan Scan Telapak Tangan Lho!

Scan Telapak Tangan untuk Pembayaran Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Scan Telapak Tangan untuk Pembayaran Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Salah satu supermarket asal Amerika Serikat, Whole Foods Market, punya inovasi baru lho dalam sistem pembayaran. Whole Foods Market diketahui menggunakan sistem scan telapak tangan (palm scan) untuk sistem pembayaran nih, Be-emers.

Palm scan atau pembaca telapak tangan dipilih Whole Foods Market untuk membuat kamu mengurangi intensitas untuk memegang uang tunai.

Toko ritel itu, dikutip dari New York Post, mengatakan bahwa pemindaian telapak tangan untuk menerima pembayaran pelanggan di antrean pembayaran akan segera diluncurkan. 

 

Amazon Hand Scanner - Image: Amazon

Amazon Hand Scanner - Image: Amazon


Sistem Palm Scan Amazon

Teknologi palm-scanning tersebut berasal dari Amazon, yang notabene merupakan induk usaha Whole Foods Market. Sebenarnya sih, saat New York Post memberitakan hal ini pada September 2019, Amazon memang telah berencana meluncurkan teknologi kontroversial tersebut.

Scan palm yang digunakan Whole Foods Market tersebut menggunakan teknologi Amazon One, yang mana menggunakan algoritma dan pencitraan berteknologi tinggi untuk membuat dan mendeteksi "tanda tangan unik".


Sistem itu bisa membaca atau mendeteksi berdasarkan lekukan, garis, dan urat di tangan setiap orang saat kamu meletakkan telapak tangan di atas perangkat pemindaian.

Lalu, gimana sih cara pakainya?

Nah, sebelum kamu menggunakan scanner, kamu harus memasukkan credit card untuk menghubungkannya dengan telapak tangan kamu. Setelah itu, baru deh kamu bisa bayar dengan hanya men-scan telapak tangan kamu.

Baca Juga: Begini Cara Cegah Penularan Covid-19 saat Belanja di Supermarket

Sistem scan yang digunakan merupakan sensor dengan teknologi tinggi lho. Sensor tersebut bahkan enggak mengharuskan penggunanya menyentuh permukaan pemindaian, seperti halnya yang dilakukan oleh teknologi sidik jari Apple.

Sebaliknya, teknologi tersebut membaca telapak tangan menggunakan visi komputer dan geometri kedalaman untuk memproses dan mengidentifikasi bentuk dan ukuran setiap tangan yang mereka pindai sebelum menagih kartu kredit pada file.

Gambar telapak tangan yang digunakan oleh Amazon One dienkripsi dan disimpan di cloud dengan "sangat aman". Pelanggan pun bisa meminta agar data telapak tangan mereka bisa dihapus.

Adapun, Amazon mengakuisisi Whole Foods Market seharga US$ 13,4 miliar pada Juni 2017 nih, Be-emers.

Menurut kamu, di Indonesia perlu juga enggak nih teknologi scan telapak tangan untuk pembayaran?