Apa Penyebab Kadar Gula dalam Darah Menjadi Rendah saat Berpuasa?

Sumber Gambar : Alomedika

Sumber Gambar : Alomedika

Like

Glukosa adalah sumber energi yang mudah habis karena cepat dibakar oleh tubuh. Apabila Anda kekurangan glukosa, Anda akan lebih rentan merasa lemas, lapar yang ekstrim, sulit berkonsentrasi, dan lebih sensitif.

Maka ketika Anda tidak memiliki persediaan glukosa yang mencukupi, otak akan memerintahkan tubuh untuk membakar cadangan energi lain, yaitu keton.

Pengalihan sumber ini semata dilakukan tubuh untuk “menghemat sumber bahan bakar" dari glukosa yang memang sudah menipis sejak sahur.
 

Bagaimana cara mengatasi gula darah rendah tanpa membatalkan puasa?


1. Makan makanan bergizi saat sahur dan berbuka
Agar gula darah tetap terjaga stabil selama berpuasa, pastikan menu makan sahur adn berbuka Anda mengandung gizi seimbang seperti roti gandum, buah,sayuran, kacang-kacangan, ikan, telur dan daging.

2. Hindari makan berlebihan saat berpuasa

Makan berlebihan saat sahur cenderung membuat cepat lapar sepanjang hari. Begitu pula dengan makan berlebihan saat buka.

Hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah menurun di tengah malam sehingga di malam hari akan merasa lapar dan makan dalam porsi besar sebelum tidur yang dapat menyebabkan risiko tinggi obesitas.

3. Atur waktu makan yang tepat
Agar tidak cepat lapar dan lemas saat berpuasa karena kadar gula darah rendah, atur jadwal makan sahur Anda. Sebaiknya mulailah makan sahur selambat-lambatnya saat mendekati imsak.

4. Konsumsi vitamin penambah darah
Agar kondisi imunitas tubuh tetap terjaga konsumsi vitamin penambah darah agar dapat memberikan nutrisi pada tubuh.