Saham Sepekan Bisnis Muda: IHSG Variatif dan Ditutup Menghijau, Intip Yuk Siapa yang Cuan

Trade illustration - Canva

Trade illustration - Canva

Like

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak naik-turun selama sepekan terakhir ini. Pada pembukaan perdagangan Senin (15/6), IHSG sempat naik 0,55% di level 4.906,99. Sayangnya, di hari itu, IHSG justru ditutup amblas di level 4.812,06.

Meski begitu, keesokan harinya (16/6) IHSG kembali rebound dengan parkir di level 4.986,36. Hingga pada Jumat (19/6), IHSG akhirnya mengakhiri pekan ketiga Juni 2020 dengan naik 0,35% di level 4.944,98.

Menguatnya bursa hari itu, dipicu adanya pemangkasan suku bunga (BI7DRRR) oleh Bank Indonesia. Adapun, Bank Indonesia telah memangkas suku bunga acuan tersebut menjadi 4,25%.

Sementara itu, dilansir dari Bisnis.com, saham PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk jadi yang paling aktif ditransaksikan di bursa selama sepekan ini lho, Be-emers. Hal itu terjadi seiring digelarnya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Telkom.

RUPS yang diadakan pada Jumat (19/6) itu, mengagendakan penentuan dividen dan jajaran direksi Telkom. Belum lagi, kabar soal Bos Bukalapak Fajrin Rasyid yang masuk direksi dan kebiasaan Telkom yang royal bagi dividen, membuat hasil RUPS tersebut ditunggu-tunggu banget nih sama banyak investor.


Selama sepekan ini, saham emiten dengan kode TLKM itu berhasil menguat 8,25%. Adapun, TLKM akhirnya memutuskan untuk membagikan dividen 81,78?ri laba bersihnya di tahun buku 2019. Laju saham TLKM ini juga turut mendorong pergerakannya di jajaran indeks LQ45 dengan kenaikan 8,25%.

Cek juga Cuan atau Boncos di Instagram @bisniscom ya!