Meski Pandemi, Kekayaan 50 Orang Terkaya di Jepang Mampu Naik Nyaris 50% Lho!

50 Orang terkaya Jepang Illustration Web Bisnis Muda - Canva

50 Orang terkaya Jepang Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Pandemi memang bikin sejumlah negara enggak bisa terhindar dari tekanan ekonomi, tak terkecuali Jepang. Meski begitu, “Negeri Sakura” tersebut justru mencatatkan bahwa kekayaan dari 50 orang terkaya di Jepang masih mampu naik nyaris 50 persen!

Forbes baru saja merilis daftar 50 orang paling kaya di Jepang. Menariknya, dari 50 orang tersebut, kekayaan bersihnya naik lho.

Setelah mengalami resesi di tahun 2020, ekonomi Jepang kini perlahan mulai dalam tahap penyembuhan dan bahan semakin kuat. Hal itu terjadi seiring dengan ekspor yang rebound dan sentimen ajang Olimpiade di Tokyo.

Bahkan, Indeks saham acuan Nikkei 225 telah meningkat 54 persen dari tahun sebelumnya, Meski masih dalam kondisi pandemi dan ketidakpastian, pemerintah Jepang juga diketahui telah memberlakukan langkah-langkah untuk memerangi infeksi Covid-19 yang melonjak.

Alhasil, Forbes mencatat, kekayaan kolektif 50 orang konglomerat Jepang telah mencapai US$249 miliar. Angka itu meningkat 48 persen dari tahun sebelumnya.


Untuk pertama kalinya, semua 50 kekayaan itu melebihi US$ 1 miliar, dengan kekayaan minimum US$ 1,15 miliar. Menariknya, lima di antara mereka melipatgandakan kekayaan bersih lebih dari dua kali lipat!

 

50 Orang terkaya Jepang Illustration Web Bisnis Muda - Canva

50 Orang terkaya Jepang Illustration Web Bisnis Muda - Canva

 

Masayoshi Son dan Tadashi Yanai Jadi yang Paling Tajir di Jepang

Pendiri SoftBank, Masayoshi Son, merebut kembali tempat No.1 sebagai orang paling tajir di Jepang menurut daftar Forbes. Hal itu ia raih setelah lebih dari dua kali lipat kekayaan bersihnya menjadi US$ 44,4 miliar!

IPO yang sukses dari aplikasi pengiriman makanan DoorDash dan Coupang, Amazon Korea, membuat saham SoftBank melonjak. Alhasil, pundi-pundi kekayaan Son pun makin bertambah.

Di posisi setelah Son, ternyata ada pendiri Uniqlo nih, Be-emers. Ternyata, permintaan akan pakaian sehari-hari Uniqlo telah meningkat.

Baca Juga: Mengenal Sosok Lex Greensill, Money Guy Kesayangan Masayoshi Son yang Bikin Kecewa

Produk Uniqlo dinilai nyaman oleh para pelanggan dan dinilai cocok untuk bekerja dari rumah. Makanya, di tengah penjualan yang meningkat, kekayaan sang pendiri sekaligus Presiden Uniqlo Tadashi Yanai juga meningkat hingga nyaris 90 persen!

Dengan total kekayaan US$42 miliar, Yanai sekarang menjadi orang terkaya kedua di Jepang setelah menduduki puncak daftar selama dua tahun terakhir.

Adapun, terlepas dari adanya pandemi Covid-19, Jepang juga telah mencetak penghasil kekayaan baru. Dalam 50 daftar orang paling kaya di Jepang, ada lima pendatang baru memulai debut mereka dalam daftar tersebut.

Mereka terdiri dari empat miliarder dan satu keluarga kaya, yakni:
  1. Taichiro Motoe, anggota parlemen dan pendiri layanan tanda tangan elektronik bengo4.com
  2. Itaru Tanimura dari penyedia layanan medis online M3
  3. Takanori Nakamura dari perusahaan layanan cloud Rakus
  4. Shirou Terashita dari IR Jepang, seorang firma penasihat hubungan investor dan pemegang saham.
  5. Keluarga Uchiyama dari Lasertec, yang membuat peralatan pengujian untuk chip semikonduktor

Baca Juga: Ini 5 Keluarga Terkaya di Dunia dengan Dinasti Bisnisnya