Fakta KRI Nanggala 402, Tidak Pernah Digunakan Jerman, tapi Paling Laris

KRI Nanggala - Antara

KRI Nanggala - Antara

Fakta KRI Nanggala-402 adalah kapal selam yang dipesan Indonesia dari Jerman pada 1979. Kapal selam itu selesai dibuat pada 1981 dan dipublikasikan ke masyarakat Indonesia pada 5 Oktober 1981. Kira-kira seberapa kuat kapal selam KRI Nanggala ini?

KRI Nanggala adalah kapal selam buatan perusahaan Jerman Howaldtswerke-Deutsche Werft bertipe kapal selam serang diesel-listrik tipe U-209. Namun, kini perusahaan itu sudah diambil alih oleh raksasa industri Jerman Thyssenkrupp. 

Kapal selam U-209 ini mulai dikembangkan sejak 1960-an. Diharapkan bisa menggantikan peran jenis kapal selam era Perang Dunia II. Namun, faktanya angkatan laut Jerman tidak pernah menggunakan kapal selam jenis tersebut. 

Meskipun begitu, kapal selam U-209 ini menjadi salah satu produk militer ekspor unggulan Jerman. Selain Indonesia, ada Yunani, India, Turki, dan Argentina yang menggunakan kapal selam jenis Ini. 

Bahkan, Argentina menggunakan kapal selam ini untuk melawan Inggris dalam perang Malvinas. 

Kapal selam yang sangat  populer ini pun masih diproduksi saat ini. Pemesan terbarunya datang dari Mesir. 

Dua Kali Diupgrade, Ini Kemampuan Kapal Selam KRI Nanggala-402 

Indonesia sudah dua kali meng-upgrade kapal selam KRI Nanggala-402. Pertama, Indonesia mengupgrade kapal selam ini pada 1989. Lalu, kedua pada Februari 2012 di Korea Selatan. 

Beberapa upgrade terakhir KRI Nanggala-402 mengubah struktur bagian atas, persenjataan sonar, radar, dan sistem kendali. 

Setelah pembaharuan itu, Nanggala bisa menembakkan empat torpedo secara bersamaan dengan 4 target berbeda. Namun, kini KRI Nanggala-402 sedang menjalankan tugas berpatroli selamanya.