Pay Later VS Kartu Kredit, Mana yang Lebih Efisien?

Like

Pay Later VS Kartu Kredit Illustration Bisnis Muda - Canva

Pay Later VS Kartu Kredit Illustration Bisnis Muda - Canva

 

Untung-Rugi Menggunakan Kartu Kredit VS Pay Later

Kartu kredit dan Pay Later tentunya sama-sama memberikanmu kemudahan dalam transaksi. Apalagi, kalau kamu tipe orang yang cashless, alias enggak suka bertransaksi secara tunai.

Nah, kartu kredit punya kelebihan, yakni bisa membuat kamu lebih hemat nih. Soalnya, sejumlah tempat memberikan promosi dan potongan harga kalau kamu bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit lho.

Selain itu, kartu kredit juga bisa mempermudah kamu dalam transaksi online. Misalnya, membayar langganan streaming Netflix.

Terlebih, kartu kredit juga kerap memberikan cicilan bunga 0 persen dan bisa kamu gunakan untuk tarik tunai lho! Bahkan, kalau kamu bisa bijak menggunakannya, hal itu bisa membangun reputasi kredit kamu nih, Be-emers.

Meski begitu, tentunya kartu kredit juga punya sejumlah hal yang bisa merugikan kamu, seperti:
  • Syarat pengajuan kartu kredit yang rumit
  • Biaya bunga mahal, ada denda keterlambatan pembayaran, dan iuran tahunan
  • Bisa bikin kamu jadi konsumtif

Lalu, gimana dengan penggunaan Pay Later?


Seperti yang dikatakan sebelumnya, Pay Later digunakan untuk transaksi dalam bentuk digital. Makanya, prosesnya pun dinilai lebih praktis dan cepat.

Sama kayak kartu kredit, Pay Later juga dilengkapi dengan banyaknya promo menarik. Enggak hanya itu, tenor Pay Later bisa sampai satu tahun lho.

Meski begitu, ya tentu saja, Pay Later juga punya kerugian tersendiri yang bisa saja menimpa kamu. Dikutip dari Cermati, kerugian dari Pay Later antara lain:
  • Bisa berpotensi bikin kamu boros dan banyak kewajiban (utang)
  • Keuangan jadi berantakan dan bikin reputasi kredit menurun
  • Ada ancaman keamanan identitas, karena bisa daftar secara online.
  • Bunga dan denda yang membebani

Makanya, penting banget untuk bijak dalam menggunakan kartu kredit dan Pay Later ya, Be-emers. Pertama, kamu harus ukur dulu kemampuan finansial kamu.

Jangan terlalu sering juga untuk menggunakan kartu kredit dan pay later untuk hal-hal yang bersifat konsumtif atau menuruti keinginan semata.

Misalnya untuk pemakaian kartu kredit, dikutip dari CIMB Niaga, kamu bisa membatasi jumlah limit dan meminimalisir melakukan tarik tunai. Selain itu, gunakanlah kartu kredit jika benar-benar dibutuhkan saja.

Adapun, kamu perlu untuk selalu ingat untuk membayar tagihan beserta biaya bunganya ya. Hal ini untuk menghindari terjadinya denda atau bunga yang semakin besar jika kamu terlambat melunasi tagihan kartu kredit maupun Pay Later.

Jadi, kamu lebih tertarik menggunakan Pay Later atau kartu kredit nih, Be-emers?