Mau Bebas Finansial seperti Orang-Orang Ini? Begini Tahapannya!

Financial Freedom illustration (Sumber: Unsplash)

Financial Freedom illustration (Sumber: Unsplash)

Like

Kebebasan finansial atau sering juga disebut financial freedom mungkin menjadi wishlist untuk para generasi milenial yang saat ini berada di usia produktif. Bicara soal kebebasan finansial, semua orang punya definisinya masing masing.

Seringnya, kebebasan finansial dihubungkan dengan pensiun dini atau bekerja hanya jika mau karena seseorang tersebut bisa hidup dari passive income, tanpa cicilan, dan hidup tanpa lagi khawatir soal tanggungan finansial.

Sebenarnya finansial freedom bersifat pribadi dan tergantung goals masing masing orang. Bagi seseorang, finansial freedom mungkin artinya bisa jalan jalan keliling dunia.

Sedangkan untuk orang lain, mungkin financial freedom berarti bisa mencukupi biaya hidup dengan layak dan nyaman. Jadi, setiap orang memiliki kebebasan finansial versinya masing-masing.

Cara dan waktu yang ditempuh juga pastinya berbeda, ada yang dari kerja keras selama bertahun tahun, dari hasil investasi, hingga yang paling didambakan semua orang yaitu warisan dari orangtua yang kaya raya.


Ini adalah orang orang yang udah finansial freedom sebelum 30 tahun:
 

Austin Russel

Ia adalah pendiri sekaligus CEO Luminar Technologies. Di umur 25 tahun, dia punya perusahaan yang bikin mobil bisa jalan sendiri tanpa pengemudi.

Luminar Tech menjadi perusahaan paling berkembang dalam beberapa tahun terakhir berkat teknologi lidar yang mereka kembangkan.

Lidar bisa disebut sebagai teknologi pemetaan digital dengan memakai laser yang digunakan mendeteksi dan mengukur jarak, di mana data yang didapat digunakan menciptakan peta 3 dimensi kondisi lingkungan yang sesungguhnya. Inilah yang kemudian bisa dipakai pada mobil yang bisa mengemudi sendiri.

Dikabarkan, teknologi lidar milik Luminar akan dan sudah mulai dipakai oleh beberapa pabrikan mobil dunia. Di antaranya Volvo, Mobileye (Intel), sampai Daimler. Berkat teknologi milik Lumiar, beberapa mobil otonom diprediksi sudah akan berada di jalan raya pada 2022. 

Kekayaan Russell melonjak setelah Luminar Technologies menjadi perusahaan publik di tengah pekan ini. Harga saham Luminar saat pertama dilepas sebesar USD 18, dan langsung naik 37% di hari yang sama. Russell memiliki 104,7 juta lembar saham, itu membuat dia memiliki kekayaan USD 1,9 miliar (sekitar Rp 26,879 triliun).

Tidak langsung kaya, Luminar Technologies didirikan Russell saat dia berusia 17 tahun pada tahun 2012, masih duduk di bangku sekolah. Russell sempat merasakan berkuliah di Universitas Stanford mempelajari fisika. Namun dia kemudian DO (Drop out) dan melanjutkan pendidikan setelah menerima program Beasiswa Thiel - yang digagas oleh salah satu pendiri Paypal, Peter Thiel.
 

Stanley Tang dan Andy Fang

Mereka adalah CEO dari perusahaan yang bergerak di bidang layanan pengiriman makanan berdasarkan permintaan yang didirikan pada 2013 bernama DoorDash. DoorDash menjadi terkenal selama pandemi karena restoran dan pelanggan beralih memesan makanan melalui online. 

Perusahaan besutan mahasiswa Stanford: Andy Fang, Stanley Tang, Tony Xu, dan Evan Moore ini bermula sebagai bisnis kecil. Ide perusahaan ini berawal dari cita cita salah satu CEO Tony Xu yang juga merupakan seorang imigran yang merasakan sulitnya mengembangkan bisnis dikala minoritas.

Kemudian, ia terpikirkan menciptakan DoorDash yang awalnya merancang program tersebut guna mempromosikan pemilik bisnis yang imigran dan merupakan seorang pengungsi.

Dari IPO perusahaannya, mereka jadi miliarder muda sebelum 30 tahun. DoorDash menjual 33 juta saham masing-masing seharga US$102 dalam penawaran umum perdana, mengumpulkan US$3,37 miliar.

Kemudian, menyaksikan saat harga melonjak menjadi US$182 pada pembukaan hari Rabu. Investor lain yang akan mendapatkan keuntungan dari IPO termasuk Sequoia Capital, Softbank's Vision Fund, dan Yuri Milner’s DST Global.
 

Sam Bankman Fried

Sam “SBF” Bankman-Fried berdiri sebagai pendiri bursa FTX serta Alameda Research. Ia juga berhasil menghasilkan banyak uang, melakukannya sebagian besar melalui aset crypto dalam beberapa tahun terakhir ini. 

Mengutip laman Forbes, Kamis (18/3/2021), pada 2019, ia mendirikan platform turunan kripto FTX, yang baru-baru ini mengumpulkan US$ 40 juta (sekitar Rp 576 miliar) dengan penilaian US$ 1,2 miliar (sekitar Rp 17,3 triliun).

Sam masuk dalam daftar 30 orang terkaya di dunia di bawah usia 30, versi Forbes. Sebelum masuk industri aset kripto, Sam bekerja di perusahaan perdagangan kuantitatif Jane Street Capital, tempat dia pertama kali kenalan sama cryptocurrency. Kendati belajar fisika di kampus ternama itu, Pria Kribo itu memilih bekerja sebagai trader di perusahaan itu, lalu mendirikan Alameda Research pada 2017.

FTX memperdagangkan kontrak berjangka dengan mata uang kripto. Di bursa FTX, para trader bisa melakukan jual beli dengan kripto, saham, dan fiat. Saham yang tersedia di FTX adalah saham dari perusahaan Amerika Serikat, seperti Google, Apple, Tesla, Amazon, dan lainnya.
 

Kevin David

Forbes melaporkan bahwa seorang remaja 18 tahun asal Jerman telah menggeser posisi Kylie Jenner sebagai miliarder termuda tahun ini. ia secara resmi mewarisi 50 persen saham ayahnya di jaringan toko obat Jerman drogerie markt.

Menurut Forbes, nilai saham yang diwariskan ayah Lehmann sekitar US$3,3 miliar (Rp48 triliun). 

Ayah Kevin David Lehmann, Guenther, mengalihkan kepemilikan 50% dm sahamnya kepada Kevin David pada 2017 saat ia masih berumur 14 tahun. Mempertimbangkan usianya yang masih terhitung belia saat saham itu ditransferkan, ia belum sepenuhnya bisa menjadi pemilik tunggal harta itu.

Kevin masih didampingi oleh perwalian untuk mengawasi hartanya itu sampai usianya menyentuh 18 tahun, batasan usia dimana warga di Jerman mulai memperoleh konsen untuk beberapa urusan.

Seletah genap berusia 18 tahun pada bulan September yang lalu, nama Kevin David Lehmann jadi satu-satunya orang berusia belasan tahun di jajaran orang terkaya dunia tahun ini. 
 

Tahapan Financial Freedom

Semua orang bisa jadi bebas finansial asal ada kemauan untuk mencapainya. Namun, untuk mencapainya, umumnya orang-orang akan melewati beberapa tahapanan dalam keadaaan keuangannya, yaitu: 

Tahap 0 : Dependence

Tahap ini benar benar tahap awal untuk dilakukan. Biasanya terjadi saat seseorang belum punya penghasilan sehingga masih mengandalkan dan bergantung kepada orang lain contohnya orangtua untuk memenuhi kebutuhan. 

Tahap 1 : Solvency
Di tahap ini, kamu mulai bisa memenuhi kebutuhan sendiri, namun terkadang masih membutuhkan bantuan dari orang. Biasanya pada tahap ini seseorang sudah memiliki penghasilan sendiri yang bisa memenuhi kebutuhan untuk diri sendiri. Meskipun masih memiliki kewajiban yang mesti dibayar, namun keadaan finansial masih seimbang. 

Tahap 2 : Stability
Di tahap ini, keuanganmu mulai stabil, bisa memenuhi semua kebutuhan sendiri, melunasi beberapa hutang, menekan pengeluaran, dan mulai bisa menabung. Biasanya pada tahap ini penghasilan sudah lebih besar dari pengeluaran sehingga punya uang lebih yang bisa ditabungkan.

Walaupun masih ada kemungkinan kamu tetap memiliki hutang produktif maupun konsumtif, namun kondisi keuangan sudah cukup aman karena sudah punya dana darurat atau tabungan yang bisa membantu.

Tahap 3 : Debt Freedom
Di tahap ini, kamu sudah setengah jalan untuk mencapai kebebasan finansial. Semua utang telah terbayarkan dan bahkan kamu punya cukup dana cadangan. Kamu tidak lagi hanya memiliki cukup uang untuk bertahan hidup,

Namun, juga berhasil memperbaiki keadaan keuangan menjadi lebih baik. Sehingga, ketika kamu memutuskan untuk keluar dari pekerjaan, sudah pasti kamu masih bisa bertahan hidup berbulan bulan. 

Tahap 4 : Financial Security
Pada tahap ini kamu sudah berada di tahap yang aman karena uang investasi sudah bisa men-cover kebutuhan hidup sehari hari. Jika kamu secara konsisten menyisihkan uang untuk investasi jangka pendek, medium atau panjang, di tahap ini kamu sudah bisa menikmati hasilnya.

Hasil dari investasi tersebut sudah bisa memenuhi kebutuhan besar seperti sewa rumah, makanan, kebutuhan sehari-hari dan juga transportasi. Pada tahap ini kamu sudah bisa menikmati hasil investasi.

Tahap 5: Independence
Pada tahap ini kamu sudah benar benar mandiri dalam segi finansial. Ini adalah puncak yang menjadi impian untuk dicapai. Kamu terus melakukan investasi jangka panjang secara solid hingga suatu titik pendapatan dari investasi saja bahkan dapat menutupi kebutuhan gaya hidup saat ini.

Tidak perlu lagi memikirkan untuk bekerja, karena pendapatan sudah cukup dari passive income untuk memenuhi kebutuhan serta gaya hidup yang mewah. Kamu sudah tidak bekerja untuk uang, namun uanglah yang bekerja untukmu.

Baca juga: Menggapai Financial Freedom, Ini Lho Tahapan Finansial yang Harus Kamu Ketahui