Penghasilan Tambahan buat Mahasiswa

Graduation (getyourholidayon.com)

Graduation (getyourholidayon.com)

Like

Mahasiswa selalu identik dengan kata belajar. Apakah mutlak seorang mahasiswa hanya menjadi seorang yang hanya terus belajar? Pertimbangkan hal lain seperti bagaimana mendapatkan penghasilan tambahan buat mahasiswa.

Mengapa seorang mahasiswa penting untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Tentu, sebagai mahasiswa kita selalu dihadapkan pada pengeluaran tak terduga seperti yang kita rencanakan di awal.

Nah, penghasilan tambahan sangat berguna untuk mencukupi hal tersebut. Juga, di sisi lain mahasiswa bisa lebih mandiri dan bisa mengerti dunia kerja, baik secara etos kerja maupun effort yang dibutuhkan untuk mencari uang

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan bagi Mahasiswa

Lalu, apa aja sih yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mendapatkan tambahan penghasilan?
  1. Jualan
    Jualan sangat beragam produk yang dapat kita temukan. bisa juga kita berjualan produk yang kita gemari, semisal hijab atau fashion, alat pendakian, voucher game online dan masih banyak lagi.


    kita juga bisa berjualan dengan melihat peluang pasar dan segmen pasar yang kita tuju. tentu harus membutuhkan ketajaman dalam membaca selera pasar.
     
  2. Jasa
    Kamu bisa jual jasa kamu sesuai dengan keahlian yang kamu miliki, semisal jasa foto, jasa menyusun skripsi, jasa translate bisa juga jasa tour guide bila kamu memang hobi traveling.
     
  3. Menjadi penulis
    Sebagai seorang mahasiswa, pastilah memiliki wawasan yang luas dan ilmu pengetahuan. Kamu bisa menjadi penulis tetap atau penulis lepas. dan kamu juga bisa membuat sebuah website yang secara bebas kamu isi sesuai dengan keinginan kamu.
     
  4. Konten kreator
    Kamu bisa memanfaatkan platform youtube, instagram, twitter untuk mempublikasikan konten kamu, Tentu, konten yang mendidik dan membangun ya.

    Dengan berkreasi, kamu akan dapatkan uang dari platfrom tersebut seiring dengan bertambahnya karya kamu maka penghasilan kamu juga akan semakin banyak.
     
  5. Seniman
    Kamu bisa menjadi seniman untuk bisa menghasilkan banyak uang. misal kamu pandai membuat desain, membuat kerajinan, bernyanyi, menari dll kamu bisa menjual hal tersebut untuk mendapat keuntungan. 
     
  6. Perawatan hewan
    Jika kamu membuka usaha ini, maka kamu harus memang orang yang benar benar cinta binatang ya guys, Biasanya, jasa berupa penitipan hewan oleh pemilik hewan yang mungkin tidak memiliki waktu sehingga menitipkannya kepada kamu. 
     
Nah, itu tadi kategori hal apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan kamu sebagai seorang mahasiswa. Tinggal kamu menyesuaikan dengan apa yang kamu bisa dan kamu rasa sanggup menjalaninya tanpa menganggu waktu mu kuliah guys.

Baca Juga: Ini Alasan Pentingnya Magang Bagi Mahasiswa